PERENCANAAN SALURAN DRAINASE (BAG. I)

Perencanaan perbaikan maupun pembuatan saluran drainase di suatu wilayah sangatlah kompleks. Banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan antara lain penyempitan saluran akibat adanya perubahan tata guna lahan, pendangkalan saluran yang diakibatkan sampah yang menumpuk di saluran, amblesan tanah, pembebanan suatu saluran akibat adanya perubahan fungsi suatu saluran, penambahan aliran air buangan dari tempat lain, dan banyak hal lainnya. Akan tetapi secara garis besar, dalam upaya perbaikan saluran drainase terutama perbaikan kondisi fisik dan geometri suatu saluran drainase dibagi menjadi 4 tahap berikut :

1. Analisis Frekuensi

Analisis frekuensi merupakan prosedur memperkirakan frekuensi suatu kejadian pada masa yang lalu atau masa yang akan datang. Prosedur tersebut dapat digunakan untuk menentukan curah hujan rencana dalam berbagai periode ulang berdasarkan perhitungan distribusi frekuensi yang cocok dengan wilayah penelitian (Suroso, 2006). Distribusi Gumbel, Distribusi Normal, dan Distribusi Log-Pearson III, merupakan distribusi frekuensi yang biasa digunakan dalam analisis frekuensi data hidrologi. Penentuan distribusi frekuensi yang cocok dengan sebaran sampel data curah hujan maksimum di wilayah penelitian, dapat menggunakan Uji Chi-Kuadrat.

2. Perhitungan Intensitas Curah Hujan

Curah hujan rencana yang telah didapatkan melalui analisis frekuensi, digunakan untuk perhitungan intensitas curah hujan yang nantinya diperlukan dalam perhitungan debit banjir menggunakan Metode Rasional. Perhitungan intensitas curah hujan dari data besaran curah hujan harian maksimum rencana dapat digunakan metode statistik yang umum digunakan dalam aplikasi hidrologi yaitu diantaranya Metode Mononobe, Metode Van Breen, dan Metode Haspers dan Der Weduwen. Untuk menentukan metode perhitungan intensitas curah hujan yang tepat digunakan persamaan tetapan yang umum digunakan yaitu Persamaan Talbot, Sherman, dan Ishiguro.

3. Perhitungan Kapasitas Tampung Saluran Drainase

Untuk mengetahui kapasitas tampung maksimum saluran drainase ketika terjadi debit puncak, diperlukan perbandingan antara debit saluran drainase dengan debit rencana saluran drainase tersebut dalam berbagai periode ulang.

4. Perencanaan Saluran Drainase

Perencanaan saluran drainase dilakukan dengan melihat kapasitas tampung maksimum saluran drainase ketika terjadi debit puncak. Jika terdapat debit air yang tidak tertampung baik dalam jumlah yang sedikit maupun yang besar, maka diperlukan perencanaan perbaikan saluran drainase tersebut. Perencanaan perbaikan dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan penampang hidrolis terbaik berdasarkan bentuk saluran drainasenya.

22 thoughts on “PERENCANAAN SALURAN DRAINASE (BAG. I)

  1. Salam kenal…
    Bisa tau dong rumus2 yang dipake buat perencanaan drainase. Misalkan sudah ditetapkan Q desainnya.
    Tq

    • Boleh2, tunggu aja postingan saya selanjutnya. Sorry lambat balesnya, lagi sibuk nggak jelas nih, hehehe …

  2. bisa tolong kirimin materi atau artikel yang lebih detail tentang metode perhitungan dari data curah hujan dan volume air hujan yang mengalir ke saluran drainase .

    big thanks..

    • Waduh, kalo materi atau artikel saya nggak punya, kebanyakan saya ambil dari pengalaman ngerjain TA sama praktikum pas kuliah. Coba cari aja di internet, banyak kok …
      Selamat mencari ….

  3. pak….bisa bantu tidak, gini saya kan lagi susun TA nah masalah yang saya ambil adalah perencanaan saluran drainase pasar, pak permasalahannya adalah daerah pasar tersebut di apit oleh 2 sungai kecil lalu, wilayah pasar tersebut pada saat hujan tergenang nah….disini pak bisa memberikan masukan buat saya sistem drainase apa yang cocok buat pasar tersebut

    • Kalo menurut saya tergantung besar tidaknya wilayah pasar tersebut, baru bisa ditentuin drainasenya, dan juga faktor-faktor yang lain, misal apakah sungai tersebut merupakan tempat pembuangan air dari drainase atau merupakan drainase itu sendiri.

  4. pak say pusing d beri tugas sm dosen saya tentang saluran drainase… permasalahan dan solusi.saya ngambil data yang mana ya bagusnya…

  5. salam kenal…!
    pa.. bisa minta tolong , saya mahasiswa uncen jayapura papua lagi susun TA mengenai perencanaan drainase,pa bisa kirimkan diktaat atau semacam pentunjuk2 lengkap yang bisa saya pake sebagai acuan dalam penyusunan TA saya.

    • Salah satu rujukannya bisa di baca di bukunya:

      Pengarang : Suripin
      Judul : Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan
      Penerbit : Andi Yogyakarta

      referensi yang lain bisa dilihat di digilib2-nya milik universitas2, seperti digilib-nya ITB di http://www.digilib.itb.ac.id , download aja TA-TA yang berhubungan, tapi registrasi dulu, itu juga gratis kok.

  6. Salam Hangat ,,
    Pak, punya data tentang perencanaa drainase lapangan sepak bola gak ??
    apapun yang berkaitan lah ,,
    kalo bisa tolong di share ke email saya ,,
    trims ,,
    sy tunggu responnya(ke email saya) ,,

    • Catatan mengenai drainase lapangan sepakbola ada di Bandung dan saat ini saya sedang berada di Jakarta. Mungkin nanti kalau ada saya kirim ke email bapak.

  7. “Catatan mengenai drainase lapangan sepakbola ada di Bandung dan saat ini saya sedang berada di Jakarta. Mungkin nanti kalau ada saya kirim ke email bapak.”

    Saya mau juga donk Pak ,, kalo boleh tolong kirim kan ke email Saya ,, bila perlu, saya barter dengan yang saya punya ..

    kalo bisa, ada gk penjelasan mengenai gambar pola aliran pipa drain nya, bagaimana menghitung dimensi pipa, menghitung jarak antar pipa, menghitung debit tiap pipa, menghitung banyak pipa yang digunakan ,,
    saya bingung disitunya Pak, tapi kalo masalah bagaimana menghitung kecepatan resapan air menuju pipa, Insya Allah sy cukup memahami.

  8. ini email sy Pak ,, cocone_jk@yahoo.co.id
    Trims sebelumnya ,,
    sekalian saya mo tanya, menurut Bapak,
    Drainase lap. bola itu kan menggunakan pipa drain dibawah tanahnya, memakai konsep sub surface drain, kemudian dipinggir lapangan dibuat collector drain nya, sebagai tempat menyalurkan air yang dari pipa de saluran berikutnya ,,
    nah, menurut Bapak mana yg lebih dahulu dikerjakan, collector drainnya, apa pemasangan pipa driannya? nantikan bertum tu ujung pipa drainnya dengan collector drainnya. jika collector drainnya menggunakan beton bertulang wiremeshm6 misalnya, bagaimana caranya menemukan pipa nya? apakah harus dibobok atau lewat pipa drain beretemu pada muka collector drainnya?? kira2 bpk ada poto2 lapangannya proyek seperti itu gk ?? bagian itu nya saja ,,
    trims sekalilagi.

  9. Sore, pak.
    sekarang saya lagi mengerjakan TA dengan judul ‘alternatif cross-drain dan sumur resapan sebagai pengendali banjir dilihat dari aspek finansial’. Menurut bapak, ketika kita sudah dapatkan dimensi dari alternatif-alternatif tersebut, apakah kita juga harus mengitung strukturnya juga? misalnya untuk cross-drain kita buat tutupnya dari beton terus diaspal. nah, apa kita perlu tau kekuatan beton itu?

    mohon share-nya…

    • Maaf mas sebelumnya belum bisa kasih solusi, karena saya hanya melihat dari sisi curah hujan di wilayah tersebut untuk perencanaan saluran drainase, dan untuk dari sisi teknik sipil-nya saya sendiri kurang tahu. Mungkin yang lain ada yang bisa bantu?

  10. salam kenal.. pak, bisa minta rumus- rumus metode analisis drainase??? di lokasi studi saya itu memang sudah ada drainase primer tapi untuk yang sekunder n tersier masih jjarang sekali, selain itu air buangan dari pemukiman itu sering maengalir pada ruas jalan gang. tadinya saya mau ambil judul redesain, tapi disuruh ganti jadi perencanaan.kira – kira data apa aja yang harus saya cari ?

    • Saya sudah lupa dengan masalah drainase ini, karena udah lama gak mempelajarinya. Untuk data, kalo bisa ada data jaringan drainase, data curah hujan di beberapa stasiun, data ukuran fisik dari drainase.

  11. salam kenal pak..saya boleh minta contoh perhitungan drainase lapangan olahraga gak pak..kalo bisa tolong kirim ke email saya ya pak..
    trimah kasih..

  12. Salam kenal ,, kami ingin membuat drainase pada sebuah kawasan rumah makan bertempat daerah bogor,,bisakah bpk membantu kami untuk melakukan pengerjaan trsbut,,mulai dari perencanaannya ??

    • Salam Kenal juga Pak ……saya membuat postingan ini ketika saya masih kuliah, jadi sebenarnya saya tidak ekspert mengenai perencanaan drainase ini. Sekarang saya bergerak di dunia pemetaan. Tapi terima kasih sebelumnya atas ajakannya. Salam.

Leave a Reply

