Mengubah Koordinat Geographic (Latitude/Longitude)

Seringkali kita ingin melakukan plot data koordinat dalam bentuk proyeksi Geographic (Latitude/Longitude) pada software Global Mapper, namun data koordinat tersebut masih dalam format derajat-menit-detik, padahal pada software Global Mapper untuk melakukan plot data koordinat dalam bentuk proyeksi Geographic serta mempunyai format derajat-menit-detik itu agak sedikit rumit untuk memasukkan data koordinat tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat mengubah data-data koordinat Geographic tersebut dari format derajat-menit-detik ke dalam format derajat-desimal menggunakan software MapInfo. Sebagai contohnya dapat anda baca pada postingan kali ini. Selamat Membaca.

1. Misalkan kita mempunyai 4 data koordinat dalam bentuk proyeksi Geographic serta mempunyai format derajat-menit-detik, contohnya seperti terlihat pada Tabel 1.

2. Misalkan kita ingin melakukan plot ke 4 data koordinat di atas menggunakan software Global Mapper agar bisa diketahui luas area dari hasil plot ke-4 data koordinat diatas. Dikarenakan pada software Global Mapper untuk melakukan plot data koordinat Geographic harus sudah dalam format derajat-desimal, maka kita ubah format awal ke 4 data koordinat diatas menggunakan software MapInfo.

3. Pada software MapInfo terdapat fasilitas untuk mengubah format data koordinat Geographic dari bentuk awal derajat-menit-detik menjadi derajat-desimal dan juga bisa kebalikannya, dari derajat-desimal menjadi derajat-menit-detik. Namun dalam keadaan default fasilitas itu tidak langsung tersedia, harus kita tambahkan terlebih dahulu ke dalam software MapInfo, dengan cara sebagai berikut :

Langkah pertama, kita buka software MapInfo (disini saya menggunakan software MapInfo Professional 8.0).

Langkah kedua, setelah kita masuk ke dalam tampilan awal MapInfo, kita pilih Tools (lihat area yang dilingkari warna merah pada Gambar 2) pada bagian menu bar MapInfo.

Langkah ketiga, setelah kita memilih Tools, kemudian kita pilih Tool Manager… (lihat area yang dilingkari warna hijau pada Gambar 3).

Langkah keempat, setelah kita memilih Tool Manager… akan muncul tampilan seperti ini :

Perhatikan Gambar 4 diatas, pada tampilan Tool Manager, pada bagian Tools kita pilih Degree Converter lalu centang pada bagian Loaded dan Autoload (lihat nomor 1 pada Gambar 4), setelah itu klik OK (lihat nomor 2 pada Gambar 4).Setelah kita klik OK, maka fasilitas pengubahan data koordinat Geographic telah tersedia di MapInfo. Untuk melihat fasilitas tersebut, kita pilih pada bagian menu bar  : Tools | Converter | LongLats Calculator | Convert Coords… (lihat pada Gambar 5).

4.  Dengan fasilitas pengubah format data koordinat dengan proyeksi Geographic telah tersedia di MapInfo, maka kita sudah dapat melakukan proses pengubahan dari 4 data koordinat dari format awal derajat-menit-detik ke derajat-desimal. Caranya, kita klik pada bagian menu bar Tools | Converter | LongLats Calculator | Convert Coords… (seperti terlihat pada Gambar 5), setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut :

Perhatikan Gambar 6 diatas, setelah tampilan Convert Longitude/Latitude Coordinates muncul, hal pertama yang kita lakukan adalah memilih pada bagian radio button yaitu From degrees-minutes-seconds to decimal degrees (seperti terlihat pada nomor 1 pada Gambar 6) karena kita akan mengubah data koordinat dengan proyeksi Geographic  dari format derajat-menit-detik (degrees-minutes-seconds) ke dalam format derajat deimal (decimal degrees). Setelah itu kita masukkan nilai dari koordinat, mulai dari nilai derajat, lalu menit, serta detik. Sebagai contoh kita masukkan nilai koordinat pertama yaitu 1350 33’ 8” (135 derajat-33 menit-8 detik) pada tempat input yang telah disediakan (seperti terlihat pada nomor 2 pada Gambar 6). Klik Convert (seperti terlihat pada nomor 3 pada Gambar 6), jika kita telah selesai meng-input data koordinat-nya. Hasil dari convert tersebut dapat dilihat pada bagian Coordinate, in decimal degrees : (seperti terlihat pada nomor 4 pada Gambar 6).

Hasil convert data koordinat yang berada pada box Coordinate, in decimal degrees :, dapat kita copy-paste, misalnya saja ke dalam text editor seperti Notepad, sebelum nantinya kita plot di Global Mapper. Lakukan hal yang sama untuk mendapatkan nilai Latitude dan juga 3 koordinat sisa-nya, sehingga didapatkan hasil sebagai berikut :

Catatan :

  •  Ketika kita copy data koordinat hasil convert di software MapInfo, hasilnya menggunakan tanda koma di depan angka desimalnya, sedangkan untuk melakukan plot di Global Mapper harus menggunakan tanda titik di depan angka desimalnya, oleh karena itu kita ubah secara manual tanda koma itu menjadi tanda titik. Contohnya, pada data koordinat Longitude nomor 1, kalau kita copy langsung dari software MapInfo maka hasilnya adalah 135,55222222, oleh karena itu kita ubah menjadi tanda koma-nya menjadi tanda titik di depan angka desimal menjadi 135.55222222
  •  Pada nilai data koordinat Latitude hasil convert jangan lupa kita berikan tanda negatif di depan angka-nya, karena data koordinat Latitude tersebut berada pada bagian Lintang Selatan (LS).

5.  Dengan nilai data koordinat Longitude dan Latitude dalam format derajat desimal telah kita dapatkan, kita bisa melakukan plot data koordinat tersebut di Global Mapper, dengan cara sebagai berikut :

Langkah pertama, buka software Global Mapper (disini saya menggunakan software Global Mapper v11.02).

Langkah kedua, setelah kita buka software Global Mapper, akan muncul tampilan sebagai berikut :

Pada bagian toolbar software Global Mapper, pilih Digitizer Tool (lihat area yang dilingkari warna merah pada Gambar 8) untuk melakukan plot data koordinat Geographic :

Langkah ketiga, pada area kerja Global Mapper kita klik kanan dan kita akan menemui tampilan sebagai berikut :

Perhatikan Gambar 10 diatas, setelah kita klik kanan pada area kerja Global Mapper, kita pilih Create New Point/Text Feature At Specified Position karena kita akan memasukkan data koordinatnya oleh kita sendiri , setelah itu kita masukkan nilai data koordinatnya, seperti terlihat pada Gambar 11 di bawah ini :

Perhatikan Gambar 11, pada bagian radio button yang ditunjukkan oleh nomor 1, kita pilih Global Projection (Geographic (Latitude/Long¸setelah itu beranjak pada bagian nomor 2, pada isian X Coordinate: diisi dengan nilai Longitude, sedangkan Y Coordinate: diisi dengan nilai Latitude. Setelah itu klik OK (ditunjukkan oleh nomor 3). Akan muncul tampilan seperti dibawah ini, jika kita selesai klik OK :

Area yang dilingkari warna merah pada Gambar 12 diatas, merupakan isian nama bagi titik koordinat yang kita isikan sebelumnya (boleh tidak diisi), sedangkan pada area yang dilingkari warna hijau (Feature Style), kita bias menggunakan style default berupa dot berwarna hitam atau kita pilih opsi radio button yang kedua yaitu Specify Style to Use When Rendering Feature, dimana pada pilihan tersebut kita bisa mengotak-atik tampilan dari style dari titik koordinat yang kita isikan, seperti pada bagian Point Symbol kita bisa memilih dot dengan warna selain hitam, seperti merah, hijau, dan simbol-simbol lain yang dapat kita gunakan. Kita juga dapat mengubah ukuran dan jenis font dari nama titik koordinat yang telah kita isikan pada bagian Name.

Hasil dari otak-atik tersebut dapat dilihat pada Gambar 13, dibawah ini :

Plot tiga data koordinat lainnya, dengan cara diatas, dan hasilnya dapat dilihat seperti pada Gambar 14 dibawah ini :

Untuk mengetahui luasan area hasil bentukan plot 4 data koordinat diatas, kita dapat kembali menggunakan Digitizer Tool pada menu bar lalu klik kanan, setelah itu pilih Create New Area Feature.

Setelah itu mulai hubungkan antara titik satu dengan titik lainnya sampai membentuk sebuah area.

Perhatikan Gambar 16, jika kita membuat area misalnya dari titik 1 ke titik 2 (lalu klik kanan), setelah itu dari titik 2 ke titik 3 (lalu klik kanan), dan terakhir kita menghubungkan dari titik 3 ke titik 4 (lalu klik kanan – klik kanan disini berfungsi agar antara titik satu dengan titik lainnya terhubungkan dengan tepat (snap)), dan untuk mengakhirinya dari titik 4 kembali ke titik 1, kita klik kiri, maka akan muncul tampilan Modify Feature Info kembali.

Seperti dijelaskan sebelumnya, pada Modify Feature Info ini kita bisa mengotak-atik tampilan. Untuk pembuatan area ini kita temui kembali ada isian Name (boleh diisi atau tidak), serta pada Feature Style kita bisa pilih radio button pertama yaitu Use Default Style for Selected Feature Type, dimana pada opsi ini tampilan sebuah area dalam keadaan default (garis hitam dengan jenis font Times New Roman ukuran 12), sedangkan pada radio button ke 2 Specify Style to Use When Rendering Feature, kita bisa mengotak-atik tampilannya sesuai selera kita (mulai dari jenis font, ukuran font, style dari font, warna font, warna dari garis, ketebalan dari garis-nya, dan banyak lainnya).

Untuk mengetahui luasan dari area tersebut, kita pilih Feature Info Tool pada bagian menu bar.

Setelah kita pilih Feature Info Tool, klik pada area tersebut, maka akan muncul tampilan keterangan dari area tersebut :

Dari Gambar 20, terlihat bahwa setelah kita klik area tersebut dengan menggunakan Feature Info Tool akan muncul tampilan Feature Information yang berisi informasi mulai dari nama area, geometri-nya, tipe area-nya, perimeter, sampai luasannya. Pada contoh kita kali ini terlihat luasan dari hasil plot 4 data koordinat diatas yaitu 37.645 km2 (ditunjukkan pada nilai ENCLOSED_AREA).

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat :D

About these ads

28 thoughts on “Mengubah Koordinat Geographic (Latitude/Longitude)

  1. Nice Info Boss :)

    share aja,
    Kalau Saya menggunakan rumus untuk merubah koordinat DMS to UTM atau Sebaliknya, serta koordinat LatLong to DMS atau sebaliknya dengan menggunakan Microsoft Excel,,jadi kita bisa merubah sampai maximal data excel secara langsung dan bersamaan,,,begitu jg dengan create point/line nya di mapping software bs jg secara langsung dengan jumlah data yg banyak,,,
    ;)

  2. paling top bagi saya tetap Global Mapper Pik….Spesialis Convert2 apa aja semua ada di Global Mapper, katanya Quantum GIS lebih2 lagi dari global Mapper untuk Convert2 sdh pernah coba pik

    • Wah Quantum GIS baru denger sekarang bang …… searching2 dulu ah, siapa tau emang lebih powerfull ketimbang Global Mapper. Thx infonya bang ….

  3. mas,klo utk merubah dari dms ke peta yg dipake militer gmn ya,kan di peta militer kord nya angka ga ada desimalnya.

  4. mas, mau tanya saya mau ubah koordinat dms ke utm tapi datanya ada ratusan, kalo rumus excelnya apa ya? terima kasih

  5. Bagaimana cara mengimport sebuah excel yang bermuat koordinat DMS, dimana angka DMS nya dalam kolom yang berbeda. Misal Degree di kolom A, Minute di Kolom B, Sec di Kolom C. terima kasih

    • Import kemana ya? kalau menurut saya sih kalo udah gitu buat aja langsung ke bentuk derajat desimal pada kolom lain, misal kolom D, memakai formula seperti ini :
      = A1+(B1/60)+(C1/3600), hasilnya nanti sudah menjadi derajat desimal.

  6. pertanyaannya saya sering bagaimana merubah ribuan data long lat (mencapai 27 ribu) menjadi satu buah KML file? dan bisa dibuka di Google…saya btuh untuk memetakan ribuan long lat, apakah ada software-nya?

    • Apa data lat-long itu masih berupa data koordinat atau sudah berbentuk data vektor (line, point, atau area) ? Kalau masih berupa data koordinat, ubah saja memakai formula di excel (dari bentuk DMS menjadi bentuk derajat desimal), kemudian simpan dalam bentuk DBF 4 (gunakan excel 2003, yang 2007 tidak bisa), kemudian buka di ArcCatalog punyanya software ArcGIS, buat feature class di sana dan definisikan sistem proyeksi dan datum-nya, nanti hasil keluarannya berupa data vektor dalam format SHP.

      Data vektor berbentuk SHP tersebut buka saja di Global Mapper kemudian convert ke bentuk KML File, setelah itu bisa deh dibuka di Google Earth.

  7. Pingback: Plot Data Titik Koordinat di Global Mapper | Take And Share

  8. Pingback: Plot Data Titik Koordinat di Global Mapper « Map Vision

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s