Jose Mourinho [Menurut Ku]

[picapp src=”a/0/1/1/Inter_Milan_training_c7b0.JPG?adImageId=5354451&imageId=6732712″ width=”500″ height=”334″ /]

Jose Mourinho

Sejak kedatangan Mou (panggilan Mourinho), Inter kayaknya nggak pernah sepi dari pemberitaan. Kebanyakan ya mengenai komentar-komentarnya yang menurut saya beberapa ada yang nggak penting sama sekali. Walaupun saya akui kemampuan manajerialnya sangat jago, tetapi arogansinya minta ampun degh. Mulai dari komentarnya mengenai wasit, pelatih tim lain, sampai presiden tim lawan pun dia komentarin. Dan anehnya Moratti selalu melindungi dia, beda pas zamannya Mancini yang ngelatih.

Sebagai perbandingan, saya sebenernya lebih suka Roberto Mancini ketimbang Jose Mourinho dari sisi taktik maupun pemakaian pemain. Di tangan Mancini, Inter main dari kaki ke kaki dan lebih enak dilihat, dari segi pemakaian pemain, Mancini sangat jago memanfaatkan pemain yang ada. Hal itu dapat dilihat dari hampir semua pemain Inter sangat bermanfaat ketika dimainkan. Mancini dapat memaksimalkan Julio Ricardo Cruz, Nicolas Burdisso, Nelson Rivas, Santiago Solari, Dacourt, bagaimana pula peranan Mancini mengorbitkan Mario Balotelli, Luis Jimenez, Esteban Cambiasso, Julio Cesar (yang sekarang ini menurut saya merupakan penjaga gawang terbaik dunia) pertama kali mendapat kepercayaan ketika diasuh oleh Mancini. Jangan lupa pula bagaimana bakat-bakat besar seperti Maicon, Maxwell, Ibra, Materazzi, Vieira, Cordoba, serta yang lainnya tereksplorasi secara maksimal. Hal ini menurut saya berbanding terbalik dengan Mourinho, di tangannya Inter bermain sangat klinis, tanpa arah permainan yang jelas, dan hanya mengincar kemenangan tanpa proses permainan yang menjanjikan. Bahkan beberapa gol kemenangan dicetak hasil keberuntungan semata, dimana tim lawan sebenarnya bermain sangat bagus. Hal itu dapat dilihat ketika melawan Cagliari di kandang sendiri, terlihat Inter main tanpa pola yang jelas dan hanya keberuntungan yang membawa hasil seri waktu itu. Sedangkan dari sisi pemakaian pemain, Mourinho lebih parah lagi, setelah mendatangkan Amantino Mancini dan Ricardo Quaresma yang keduanya malah gagal bersinar musim ini, nama-nama pahlawan Inter saat scudetto musim lalu seperti Cruz, Materazzi, Jimenez, Maxwell, saat ini terpinggirkan. Selain itu kegemarannya mengangkut pemain bintang benar-benar menguras kocek Inter. Malah Mourinho meminta dana 100 juta euro sama Moratti untuk musim depan agar bisa memboyong pemain-pemain yang mantan anak asuhnya kayak si Drogba. Beda banget sama Mancini yang hanya membeli Jimenez, Rivas, dan pemain yang gak kedengaran lainnya, akan tetapi sangat bermanfaat bagi Inter.

Tapi selain kelemahan diatas, Mourinho pun punya skill lain yang memang menurut saya cukup bagus. Kemampuannya menangani ego pemain bintang yang cukup besar, cukup terbukti ampuh meredam konflik yang mungkin muncul. Lihat bagaimana Ibra dan Adriano memuji-muji Mou setinggi langit, ditambah kemampuan meningkatkan motivasi terbukti cukup andal, hal ini terbukti dari tidak terpuruknya mental Inter di kompetisi domestik imbas dari kekalahan dari MU di babak 16 besar Liga Champions. Ditambah kemampuan komunikasinya dalam melindungi pemainnya, membuat Mou dapat kredit lebih dari sisi ini. Sedangkan pas zamannya Mancini, kemampuan menangani ego pemain sangat kurang, hal ini dapat dilihat dari tidak dapatnya Mancini mengatur seorang Adriano, terus merengeknya seorang Figo, dll, selain itu kemampuan Mancini meningkatkan mental dari keterpurukan juga kurang baik, hal itu dapat terlihat dari terpuruknya mental Inter di kompetisi Seri A, setelah kekalahan dari Liverpool di babak 16 besar UCL, Inter terus mengalami kekalahan dan berakibat margin nilai antara Inter sama Roma waktu tinggal selisih satu angka sebelum giornata terakhir. Tapi beruntung waktu itu Inter masih mampu menang.

Di akhir pembahasan ini sih, saya berharap Mancini dapat balik ke Inter, karena denger-denger juga Mou pengen ngelatih MU atau ngelatih tim di Spanyol, atau setidaknya Frank Rijkaard yang menurut saya taktik Total Football-nya cukup luar biasa, enak ditonton, dan punya pengalaman membawa juara Barca di La Liga maupun Champions.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s