REKAYASA REALITY SHOW 2 [TERMEHEK-MEHEK]

Pernah saya dengar bahwa reality show Termehek-Mehek pernah menempati posisi pertama dalam hal rating, tapi nggak tau untuk segmen reality show saja, atau emang acara Termehek-Mehek merupakan acara yang paling banyak dinonton pada jam dimana jam acara tersebut dimainkan (kalo nggak salah jam 18.30), atau emang acara tersebut ratingnya paling tinggi untuk semua acara TV, saya juga gak tau. Tapi secara umum boleh dibilang saat ini acara Termehek-Mehek merupakan acara reality show yang paling digemari dibandingkan acara yang sejenis. Sampei-sampei beberapa anggota keluarga saya dan temen-temen (terutama yang cewek) nggak mau ketinggalan nonton acara tersebut. Lalu apa sih istimewanya sih acara tersebut dibandingkan acara reality show yang lain, sampei orang-orang nggak mau melewatkannya ?, dibawah ini merupakan beberapa pendapat saya mengapa acara Termehek-Mehek cukup sukses ?

1. Acara Termehek-Mehek terkonsep dengan sangat baik, dalam artian acara tersebut dibuat secara matang baik dari segi jalan cerita, pemilihan pemainnya, sampei lokasi-lokasinya. Coba anda bandingkan dengan reality show sejenis yang dibuat asal-asalan.

2. Kemampuan akting para pesertanya (pemainnya) secara umum sangat luar biasa untuk ukuran orang-orang yang kita tau bukan pemain sinetron yang biasa kita tonton. Mungkin ada beberapa pemain yang aktingnya cukup lebay dan juga agak kikuk, karena mungkin baru pertama kali syuting (terutama yang memerankannya ibu-ibu, emang ada beberapa ibu-ibu yang cukup bagus memerankannya yang mungkin pernah bercita-cita jadi pemain sinetron), akan tetapi secara umum akting para pemainnya patut diacungin jempol;

3. Kekuatan Panda sebagai pembawa acara juga menjadi salah satu nilai plus disini. Peranan memainkan emosinya sangat bagus. Hal itu bisa dilihat, betapa dia gregetannya dia ketika tau orang yang dicari kliennya ternyata seorang yang nggak bener, atau dia nangis termehek-mehek ketika tau orang yang dicari kliennya telah meninggal. Ditambah pengalamannya membawakan acara Katakan Cinta, membuat Panda menurut saya merupakan pembawa acara reality show no. 1 saat ini. Sedangkan partnernya Mandala yang emang kita tau seorang pemain sinetron juga cukup bagus. Peran Mandala disini saya liat lebih banyak sebagai pembuat rusuh, dalam artian dia suka berantem sama orang – orang yang telah menyakiti hati kliennya (yang tentunya kliennya cewek – so sweet, hehehe …). Bandingkan dengan presenter reality show yang lain, sangat datar!

4. Penempatan jam tayang juga merupakan hal yang sangat menentukan. Seperti kita ketahui acara Termehek-Mehek ditempatkan jam 18.30 pada hari Sabtu dan Minggu, dan jam tersebut boleh dikatakan hampir mendekati jam prime time (kalo yang saya tau jam prime time biasanya jam 8 malam-an). Pada jam segitu biasanya orang-orang telah berada di rumah, setelah seharian sekolah ataupun kerja, jadi kemungkinan ditonton banyak orang sangat terbuka lebar. Apalagi ditambah pada jam-jam segitu acara di stasiun TV lain biasanya nanyangin sinetron yang udah membuat orang-orang eneg atau pun acara-acara berita sore, dimana kebanyakan dari kita emang nggak suka nonton berita. Jadi adanya suguhan acara yang berbeda membuat orang-orang beralih secara cepat ke acara Termehek-Mehek. Bandingkan dengan acara reality show yang lain yang biasanya ditempatin sekitar sore hari. Hal tersebut tidak terlepas tidak pedenya para pihak stasiun tv nempatin acara reality show pada jam-jam prime time (yang dimana jam-jam prime time banyak diisi sinetron-sinetron). Beda dengan Trans TV yang secara gagah berani menempatkan acara Termehek-Mehek pada jam yang telah saya sebut sebelumnya yaitu jam hampir prime time.

5. Lalu mengapa khususnya cewek-cewek sangat menyukai tayangan Termehek-Mehek dan bahkan mempercayai tayangan tersebut ?, hal tersebut tidak terlepas dari acara Termehek-Mehek mengaduk-aduk emosi para penontonnya. Hal ini sejalan dengan cewek-cewek yang emang sangat mudah dimainkan emosinya (buat para cewek piss agh …!) Ternyata kesuksesan acara Termehek-Mehek membuat efek lain terhadap dunia reality show. Berikut ini pendapat saya mengenai efeknya :

1. Ketagihannya Trans TV membuat acara yang hampir sejenis dengan Termehek-Mehek, seperti Realigi (yang bahkan ditempatin pada jam prime time), lau beberapa acara lain yang ditempatin pada sore hari.

2. Beberapa reality show yang udah ada, formatnya mulai meniru acara Termehek-Mehek, yang sebetulnya nggak nyambung banget sama judulnya. Sebagai contoh salah satu episode acara (kalo nggak salah) Pacar Pertama di SCTV, yang seharusnya mempertemukan pacar sang klien yang pertama, jadi malah nyari dulu bapaknya yang ternyata selingkuh (weleh-weleh…ckckck). Dan emang sesuai prinsip stasiun televisi kita yang emang nggak mau membiarkan stasiun tv yang lain menikmati kue iklan sendirian, kalo bisa direbut dengan cara memodifikasi acaranya biar keliatan lebih heboh. Hal tersebut bisa diliat bagaimana acara Inbox yang merupakan pionir dari acara penayangan video klip dengan gaya radio (sistem request – dan disiarkan secara langsung di mal-mal pada pagi hari plus adanya bintang tamu yang langsung menyanyikan lagunya (walau suka lip sing juga)) dicontek habis-habisan (tentunya agak sedikit dimodif) oleh stasiun tv yang lain, setelah mengetahui acara tersebut cukup sukes. Di akhir tulisan ini saya hanya berharap pada pihak KPI atau lembaga-lembaga lain yang bersangkutan serta para pihak pembuat acara tersebut untuk :

1. Menegur pihak-pihak pembuat acara – acara reality show yang tidak sesuai kenyataan dengan acaranya yang bertajuk acara yang real dan tidak direka-reka, karena telah melakukan penipuan dan pembodohan terhadap masyarakat luas. Selain itu acara tersebut sarat adegan-adegan kekerasan dan kata-kata yang kasar (emangnya masyarakat kita yang sesungguhnya kayak gitu ya?).

2. Kalo emang cerita tersebut berdasarkan cerita ataupun pengalaman dari seseorang, seharusnya ada sebuah tag yang menyebutkan bahwa acara tersebut merupakan rekonstruksi ulang dari pengalaman sang klien. Dan kalaupun ada penambahan dramatisasi dari acara tersebut itu sih wajar-wajar saja asal jangan terlalu berlebihan dan masih terdapat tag rekonstruksi ulang (dan biasanya ada di pojok bawah layar tv kita). Dan bukannya mengklaim bahwa itu terjadi secara real dan terjadi pada saat itu juga ! Oke deh segitu dulu pendapat saya mengenai reality show ini. Bye2 …..

3 thoughts on “REKAYASA REALITY SHOW 2 [TERMEHEK-MEHEK]

  1. Iya tu fuck semua acara reality show. Menghalalkan segala cara untuk rating.. apalagi yg terbaru malah bawa2 ustad. ustadnya juga fuck..mau ja d bayar untuk jual agama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s