Distribusi Frekuensi (Perencanaan Saluran Drainase Bag. III)

Melanjutkan postingan mengenai perencanaan saluran drainase, kali ini saya akan membahas mengenai perhitungan curah hujan rencana menggunakan distribusi frekuensi. Distribusi frekuensi digunakan untuk memperoleh probabilitas besaran curah hujan rencana dalam berbagai periode ulang. Dasar perhitungan distribusi frekuensi adalah parameter yang berkaitan dengan analisis data yang meliputi rata-rata, simpangan baku, koefisien variasi, dan koefisien skewness (tabel 1).

Dalam ilmu statistik dikenal beberapa macam distribusi frekuensi yang banyak digunakan dalam bidang hidrologi, dimana masing-masing distribusi memiliki sifat-sifat khas sehingga setiap data hidrologi harus diuji kesesuaiannya dengan sifat statistik masing-masing distribusi tersebut. Pengujian tersebut sangat penting dilakukan karena menurut saya ada beberapa kesalahan yang biasa digunakan orang dalam penentuan curah hujan rencana menggunakan distribusi frekuensi. Banyak orang menggunakan Distribusi Gumbel tanpa adanya dasar yang kuat. Padahal belum tentu sebaran data curah hujan di wilayah tersebut cocok dengan Distribusi Gumbel. Bahkan di Pulau Jawa, menurut Bapak Sri Harto sekitar 90% sebaran data curah hujan cocok dengan Distribusi Log-Pearson III. Sehingga kalau distribusi frekuensinya tidak cocok dengan sebaran data yang ada maka error yang didapat akan sangat besar.

Nah berikut ini beberapa distribusi frekuensi yang biasa digunakan dalam bidang hidrologi :

1). Distribusi Gumbel

Perhitungan curah hujan rencana menurut Metode Gumbel, mempunyai perumusan sebagai berikut :

Faktor probabilitas K untuk harga-harga ekstrim Gumbel dapat dinyatakan dalam persamaan diatas.

2). Distribusi Normal

Perhitungan curah hujan rencana menurut Metode Distribusi Normal, mempunyai perumusan sebagai berikut :

3). Distribusi Log Pearson III

Perhitungan curah hujan rencana menurut Metode Log Pearson III, mempunyai langkah-langkah perumusan sebagai berikut :

Catatan :

Untuk penurunan rumus masing-masing distribusi frekuensi dapat anda temukan dalam buku-buku statistika.

LAMPIRAN :



Oke sekian dulu pembahasan mengenai distribusi frekuensi. Postingan berikutnya adalah mengenai contoh penggunaan distribusi frekuensi dan memilih distribusi frekuensi yang cocok dengan sebaran data yang ada dengan menggunakan Uji Chi-Kuadrat.

30 thoughts on “Distribusi Frekuensi (Perencanaan Saluran Drainase Bag. III)

  1. salam hormat,
    sdr lanjut pertanyaan ku yang tentang penyusunan TA.
    Sdr bisa tidak memberikan satu perancangan buat drainase sistem tadah/kolam resapan mengingat wilayah pasar ini berada pada dataran rendah dalam hal ini tempat yang di jadikan pasar ini dulunya di peruntukan buat Daerah Tangkapan Hujan namun dengan adanya kebutuhan lahan maka di jadikan pasar selain pasar di sekitarnya ada perumahan

    • Salam hormat juga buat Pak Zadrak

      Pertama saya meminta maaf karena terlambat menanggapi. Disini saya agak takut memberikan saran, karena diperlukan pemikiran terlebih dahulu, sedangkan saat ini saya juga sedang melakukan penelitian juga. Tapi saya sarankan untuk Pak Zadrak mengunjungi situs digilib.itb.ac.id, lalu daftar jadi member. Disana bapak bisa mencari TA mahasiswa-mahasiswa ITB yang berkaitan dengan TA yang sedang bapak kerjakan. Disana bapak bisa download secara lengkap, mulai dari awal sampai akhir.

  2. sy mhsswa smster awala, Mau nanya mas….
    gimana cara pemasukan data Yn dan Sn ke dalam rumus?? (pembacaan tabelx)

    Sy blum bisa menangkap apa itu kolom N (10,20,30,40,…) dan baris N (1,2,3,4,5,6,…)
    apa ada hubunganx dgn periode Ulang??klo ada, bgmn dgn periode ulang 2 dan 5??
    mohon penjelasanx

    trima kasih

    • Maaf sebelumnya baru balas, jadi N itu adalah banyaknya data, N yang kolom itu (10, 20, 30, 40, ….) itu adalah jumlah datanya, nah yang N untuk baris (0, 1, 2, 3, 4, ..) juga banyak datanya beserta nilainya. Misalnya kayak gini, jika kita mencari nilai 20, maka kita lihat N pada kolom bernilai 20 dan N pada baris bernilai 0, nah lihat nilainya berapa tuh. Misal, kalo 40 itu nilainya untuk Yn = 0,5436, sedangkan Sn = 1,1413, nah kalo lihat nilai yang lain misal 48 tinggal cari aja kesamping nilai N pada baris dengan tulisan angka 48, jadi nilainya untuk Yn = 0,5477 dan Sn = 1,1574

      Hubungannya dengan periode ulang, adalah sebagai input masukkan untuk mencari nilai K = Faktor Frekuensi / Faktor Probabilitas.
      Coba dilihat kembali secara teliti penggunaan rumus2nya …

  3. Asslm.wr. wb, mas saya mahasiswa semester akhiir sedang TA. kok susah ya cari referensi tentang HSS Nakayasu boleh dong kalau ada dibantu Thank and sukses slalu Wassslam.

  4. mas, untuk distribusi gumbel klo datanya diatas 100an gmana??misalnya ada 200an gitu…trus ini berlaku juga untuk data angin n gelombang ngg? kebetulan TA saya tentang analisis ekstrim juga nih.
    trims

    • Kayaknya bisa juga mas, cuman memang nilai dari faktor frekuensi-nya harus di cari terlebih dahulu. Di literatur yang saya temuin, memang kebanyakan hanya menampilkan sampai 100 data. Saya sendiri masih belum tahu nilainya kalo sampai datanya 200, tapi kayaknya bisa juga mas. Selamat googling aja …..

  5. tambah 1 lagi mas,klo yang distribusi normal untuk perioda ulang 25 tahun ngg ada ya Kt nya? klo butuh gmana caranya??
    trims😀

    • Kalo mengenai hal itu harus cari dulu perumusan mencari nilai peluang dan nilai Kt-nya, itu kayaknya bisa di cari di buku-buku statistika ……

      (Maaf kalau jawabannya kurang memuaskan, saat ini belum bisa bantu sampai detail, karena lagi banyak kerjaan, hehehe …. :D)

  6. Mas, saya mau tanya nih…
    saya udah analisis data curah hujan trus mau saya uji data-datanya pake Chi-square dan Smirnov-Kolmogorov…
    Nah, waktu saya uji Smirnov-Kolmogorov, saya gak tau rumus teoritis sebaran Gumbell untuk ngitung probabilitas’nya (soalnya yg memenuhi syarat pada perhitungan saya adalah Distribusi Gumbell).
    kalo ngitung probabilitas empiris’nya, saya udah tau…
    tolong bantuannya ya Mas..
    trimakasih.

    • Maaf baru balas, wah kalo sekarang saya belum bisa kasih saran apa2 karena saya harus liat-liat lagi referensi-nya dan juga sekarang lagi sibuk2nya mas. Kalo dah ketemu caranya, saya pasti bantu.

  7. saya mahasiswi yg sedang mengerjakan TA boleh tolong minta referensi buku yg membahas lengkap tentang HSS Gama I, HSS Snyder n HSS Nakayasu..

    • Untuk buku saya kurang tahu mba, tapi coba mba ke situs berikut : digilib.itb.ac.id , disana terdapat jurnal dan TA, yang dapat dijadikan referensi baik teori dasarnya maupun cara pengerjaannya.

  8. pak saya mau tanya,,saya mahasiswa smester akhir skrg udh mulai nyusun TA,,,kLo buku tentang elaborasi itu pengarangnya siapa dan jdulnya apa??
    terima kasih,,,

Leave a Reply

