Hyperion

Postingan kali ini saya akan bercerita mengenai Hyperion. Apa itu hyperion? hyperion di sini bukanlah satelit punya-nya bulan, tapi merupakan salah satu citra satelit hasil keluaran dari satelit EO-1 (Earth Observation-1) punya-nya NASA. Keunggulan dari hyperion ini adalah jumlah band-nya yang mencapai 242 buah band (bandingkan dengan citra satelit WorldView-2 yang hanya mempunyai 8 buah band) atau dengan kata lain resolusi spektral-nya tinggi, namun sayangnya resolusi spasial hyperion tergolong sangat rendah (30 meter).

Resolusi Spektral :

Kemampuan sensor untuk mengisi kanal yang ada dengan wavelength (panjang gelombang). Semakin kecil interval kanal (atau semakin banyak spectral band), resolusi spektral akan semakin baik.

Resolusi Spasial :

Ukuran terkecil obyek yang dapat direkam oleh suatu sistem sensor. Dengan kata lain, maka resolusi spasial mencerminkan kerincian informasi yang dapat disajikan oleh suatu sistem sensor. Ada dua cara menyatakan resolusi spasial, yakni: resolusi citra dan resolusi medan.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian-pengertian dasar mengenai resolusi dan citra, anda bisa buka di situs berikut :

http://www.lalumuhamadjaelani.wordpress.com – 4 Resolusi penting dalam Inderaja

http://mariyamadigenus.blogspot.com – Macam-Macam Resolusi

http://agrica.wordpress.com – Resolusi Citra & Pengertian Citra

Di bawah ini, terdapat tabel mengenai karakteristik dari citra satelit hyperion :

Tabel 1. Karakteristik Instrumen Hyperion

Dengan kekuatan di sektor resolusi spektral, maka data hyperion ini sangat cocok dalam pengklasifikasian suatu objek. Suatu objek akan mempunyai nilai spektral yang berbeda dengan objek yang lainnya, sehingga dengan menggunakan data citra satelit hyperion beserta sedikit pengolahan di software, maka kita bisa memprediksi objek yang kita lihat pada data hyperion tersebut berdasarkan nilai spektral-nya (library nilai spektral-nya sendiri bisa di dapatkan di situs-nya NASA) atau kita juga dapat membuat library nilai spektral terhadap objek-objek yang kita kehendaki dengan cara survey langsung ke lapangan ataupun cara mudahnya kita bandingkan dengan citra satelit lain yang mempunyai nilai resolusi spasial tinggi (bisa dari Google Earth ataupun Quickbird, WorldView-1, atau WorldView-2).

Contohnya seperti ini :

Misalkan kita punya data citra satelit hyperion untuk daerah sekitaran Bogor, nah dengan pengolahan data menggunakan software ENVI (salah satu software yang dapat digunakan untuk pengolahan data citra satelit hyperion), kita bisa mendapatkan nilai spektral pada objek-objek yang kita inginkan. Namun, karena resolusi spasial dari hyperion ini rendah (gak keliatan objek tersebut secara detail), maka kita bisa survey langsung ke lapangan untuk memastikan, atau menggunakan data dari Google Earth, Quickbird, WorldView-1, atau WorldView-2 untuk memperjelas objek yang tidak terlihat di data Hyperion. Nah, saya pernah melakukan hal tersebut dengan menggunakan Google Earth sebagai data pembanding, di mana kita tinggal menumpuk data hyperion kita dengan data di Google Earth (alias dibuat semacam layer).

Sekian dulu postingan mengenai hyperion, semoga bermanfaat. Untuk postingan berikutnya saya akan jelasin gimana caranya download data hyperion tersebut di situs-nya USGS.

5 thoughts on “Hyperion

  1. Salam. boleh tanya nda, saya sudah coba download citra hyperion dari glovis dalam format tif namun ketika dibuka hanya tampilan hitam yang ada. Mohon pencerahannya?

      • iya dibuka pake software envi, apakah mmg bnyk noise ya untuk citra ini? mohon pencerahannya mungkin sudah pernah melakukannya, kalau mau memilih band yg terbaik dari 242 band hyperion tersebut pake metode apa ya?

      • Saya lupa lagi karena data hyperion-nya ntah kemana, tapi waktu itu datanya biasa aja tidak ada masalah waktu dibuka, cuman memang resolusi spasial-nya rendah (30 meter). Kalau pemilihan band itu tergantung apa yang mau dianalisis, berbagai komposit band dapat menghasilkan warna yang akan memudahkan kita melakukan interpretasi. Kalau nggak salah ada library dari berbagai macam komposit dari hyperion tersebut dan hal tersebut dapat kita order secara gratis ke USGS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s