Tutorial Photoshop – Introvert Color

Untuk pertama kalinya di blog ini, saya mencoba memberikan tutorial mengenai photoshop, hore ….. hehehe ….😀. Walaupun saya masih amatiran dan newbie di bidang photoshop, tapi keinginan berbagi ilmu mengenai photoshop ini sudah tidak terbendung (lebay, hehehe ….), terutama bagi mereka yang juga baru banget belajar photoshop. Semoga tutorial ini bermanfaat aja bagi yang membacanya …….

Tutorial photoshop yang pertama ini, saya mencoba memberikan bagaimana caranya membuat efek foto yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang, seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Photoshop

Saya beri nama tutorialnya sebagai Introvert Color (judulnya biar lebay aja, padahal tutorialnya biasa aja, heehhe….). Saya beri nama tersebut karena ada satu warna aja yang jadi fokus perhatian alias warna penyendiri (kayaknya nggak nyambung sama judul, heehe …). Okelah langsung aja liat tutorialnya daripada membahas judulnya yang nggak nyambung.

  1. Buka program photoshop di komputer anda lalu buka gambar yang akan diolah. Di sini saya gunain photoshop CS3 Extended (tapi teknik ini bisa digunakan pada photoshop versi manapun) dengan foto yang digunain kali ini yaitu gambarnya Wesley Sneijder (bagi yang belum tau siapa itu Wesley Sneijder, silahkan cari di mbah google).
    Tutorial Photoshop

    Tutorial Photoshop

    2.Seleksi bagian gambar yang akan dijadikan gambar berwarna.

    Tutorial Photoshop

    Tutorial Photoshop

Gunakan tool seleksi yang anda sukai, tapi disini saya gunain Quick Selection Tool (lihat gambar yang dilingkari warna merah), karena penggunaanya yang praktis. Lalu pilih gambar icon Quick Selection Tool yang bertanda + (lihat gambar yang dilingkari warna orange), icon tersebut digunakan untuk melakukan penyeleksian terhadap area gambar. Jika pas pengerjaan terdapat kesalahan berupa kelebihan seleksi pada area gambar, maka anda bisa pilih icon Quick Selection Tool yang bertanda -, untuk mengurangi area gambar yang kelebihan tersebut, atau jika kekurangan anda bisa kembali memilih icon gambar yang bertanda plus.

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

3. Setelah selesai melakukan seleksi, tekan Ctrl + J, untuk melakukan pemisahan gambar yang diseleksi ke dalam sebuah layer baru.

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Hasil penyeleksian gambar di pindah sendirian ke Layer 1 (hilangkan tanda mata yang ada pada layer Background untuk melihat hasil seleksi yang terdapat pada Layer 1).

4. Langkah selanjutnya adalah melakukan proses “meng-hitam putih-kan” gambar pada layer background agar hanya gambar yang kita seleksi sebelumnya saja yang berwarna.

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Pilih Menu : Image – Adjustment – Black & White (dengan shortcut Alt + Shift + Ctrl + B) atau dapat juga kita memilih pilihan Desaturate (lihat area gambar yang dilingkari warna merah).

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Setelah kita pilih pilihan Black & White, akan muncul setting-an seperti ini. Kita biarkan saja setting-an ini dengan nilai default-nya, atau mungkin anda bisa bereksperimen dengan mencoba-coba melakukan pengaturan pada warna yang ada, yang akan lebih dihitamkan atau diputihkan pada pilihan warna tersebut pada gambar (seperti misalnya kita mau lebih menghitamkan unsur warna hijau pada gambar, maka kita pilih pengaturan pada opsi Greens dan atur nilainya agar lebih berwarna hitam).

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Hasilnya akan seperti ini. Gimana gampang kan pengerjaannya?, tapi mungkin teknik ini tidak cukup efektif, jika ternyata di lain waktu kita ingin menambah area gambar yang berwarnanya, misalnya kita ingin menjadikan mix pada gambar menjadi berwarna juga, maka kita harus mengembalikan dulu warna awal gambar (kembali menjadi berwarna) lalu kembali melakukan seleksi pada area gambar mix tersebut. Cara lain yang lebih simple adalah melakukan teknik masking, seperti pengerjaan berikut.

  1. Buka foto yang akan diolah. Saya kembali menggunakan gambarnya Wesley Sneijder.
  2. Gandakan gambar tersebut dengan menekan Ctrl + J.

    Tutorial Photoshop

    Tutorial Photoshop

3. Jadikan gambar pada Layer 1 menjadi hitam putih dengan menggunakan pilihan Black & White atau Desaturate (lihat kembali caranya pada langkah-langkah pengerjaan sebelumnya).
4. Tambahkan layer mask pada Layer 1. Dengan cara memilih icon yang dilingkari dengan warna merah, lalu setelah itu akan muncul kotak berwarna putih di samping gambar pada Layer 1 (lihat gambar yang dilingkari warna hijau).

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

5. Mulai melakukan masking pada area gambar pada Layer 1.

Prinsip Masking

Prinsip penggunaan Masking adalah melakukan “penyembunyian” pada area gambar yang ingin kita inginkan. Pada gambar di Layer 1, gambarnya berwarna hitam-putih, lalu kita ingin menyembunyikan bagian pada area gambar tersebut, yaitu wajah dari Wesley Sneijder tersebut. Setelah kita melakukan masking, maka tampilannya malah berubah menjadi berwarna. Kenapa hal itu terjadi?, karena setelah kita melakukan penyembunyian area gambar tersebut, maka area gambar tersebut akan hilang dan yang akan muncul adalah area gambar di bawahnya yaitu layer Background yang gambarnya berwarna.

Warna hitam pada teknik masking gunanya untuk “menyembunyikan”, sedangkan warna putih gunanya untuk kembali “memunculkan” area gambar yang sebelumnya “disembunyikan”.

Tutorial Photoshop

Tutorial PhotoshopTutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Lakukan sapuan Brush pada area gambar pada Layer 1 yang ingin disembunyikan. Hasil akhirnya dapat dilihat pada gambar diatas.

Dengan teknik tersebut anda dapat melakukan modifikasi berupa penambahan dan pengurangan area gambar yang ingin ditampilkan lebih cepat dan praktis.

Kita dapat melakukan berbagai macam variasi pada gambar tersebut, seperti dengan menambahkan efek blur pada Layer 1 (bukan pada area masking) gambar tersebut. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Tutorial Photoshop

Efek Gaussian Blur

Untuk mencoba efek blur lainnya, kita bisa mencobanya di FilterBlur

Sekian postingan tutorial photoshop cetek ini, semoga bermanfaat ya ….😀