Pic App

5 bulan dengan kesibukan dan kemalasan akut, mengakibatkan blog ini seperti rumah tak berpenghuni. Nggak dirawat dan diurus dengan benar, mengakibatkan “rumah” ini turun harga pasarannya. Ditandai dengan c alexa yang ngasih rangking di kisaran 4 juta-an, setelah sempat sebelumnya nembus angka 700 ribu-an karena dirawat dengan amat telaten di bulan-bulan pertengahan tahun 2010.

Selain itu banyak pertanyaan dan permintaan posting dari pengunjung yang belum sempat saya jawab, karena banyak materi yang saya sendiri lupa (hehehe …), sehingga harus bongkar-bongkar lagi file-file serta memutar kembali memori yang ada di otak. Jadi jika ada pertanyaan yang belum sempat ke jawab dan permintaan postingan yang belum terpenuhi, saya mohon maaf. Moga-moga bisa saya kasih jawabannya secepat mungkin, atau syukur-syukur sudah nemu jawaban-nya di tempat yang lain.

Tapi selama saya tidak mengisi tulisan di blog, saya tetap memantau blog ini lewat informasi yang diberikan pihak WordPress. Nah salah satu info yang menggembirakan adalah ketika saya tau ada yang melakukan tautan balik atau link balik pada salah satu tulisan saya yang ada di blog ini. Ketika saya cek situs yang melakukan tautan balik itu, ternyata situs itu merupakan situs kumpulan skripsi atau tugas akhir dari Universitas Gunadarma, di mana salah satu skripsi-nya (skripsi anak Teknik Sipil UG) menjadikan salah satu tulisan saya di blog ini sebagai referensi-nya yang dicantumkan di Daftar Pustaka. Melihat hal itu, saya merasa sangat terhormat, gak nyangka tulisan saya bisa menjadi salah satu rujukan bagi sebuah karya tulis ilmiah. Namun selain itu saya juga sempat mengalami kekecewaan pada sebuah blog yang saya ketahui benar-benar melakukan copy paste pada salah satu tulisan di blog ini tanpa memberikan tautan balik ke blog ini. Yang menjadi kekecewaan adalah pemilik blog tersebut melakukan copas pada salah satu tulisan saya tanpa melakukan edit sedikit pun, tidak ada yang dirubah sedikit pun, bahkan titik komanya masih pada posisi yang sama persis. Tulisan tersebut bebas untuk di sebar luaskan selama bermanfaat bagi yang lain, tapi di sisi lain saya juga minta agar selalu melakukan tautan balik ke blog ini, jika tulisan tersebut benar-benar di copas abis tanpa ada edit sedikit pun.

Oke deh sekian dulu curhatnya, hehehe ….. sekarang waktunya memberikan sebuah info terutama bagi mereka pengguna blog WordPress gratisan. Infonya kurang baik sih karena salah satu fasilitas WordPress yang keren yaitu penggunaan foto gratisan dengan kualitas tinggi yang ada pada situs picapp.com , tidak bisa digunakan kembali. Hal itu saya ketahui setelah melihat tampilan baru situs tersebut. Pas awal mulanya saya dengan gampang memasukkan foto yang ada pada situs tersebut, tinggal search foto yang dicari, nanti hasilnya keluar, lalu pada foto tersebut terdapat sebuah link, nah link itu tinggal dimasukkan pada postingan di blog kita. Tapi sekarang, ketika sekian lama nggak berkunjung ke situs tersebut, banyak hal yang berubah, mulai saya liat ada log-login-an segala, ada install segala, kata saya, kok jadi begini situsnya, jadi ribet amat. Ternyata pas ubek-ubek situs tersebut, ternyata ketemu jawabannya bahwa pemasangan foto di blog gratisan WordPress tidak dapat digunakan kembali, karena satu dan lain hal. Hal tersebut saya temukan di FAQ-nya situs tersebut. Ini nih salah satu pertanyaannya yang terkait yang terdapat pada FAQ situs picapp.com :

I’m using WordPress.com, do you support it?

Elad
posted this on Sep-02 2010 11:56

The Picapp widget and image embeds is currently not available for WordPress.com users.

All old images embedded on your WordPress.com blogs will still be displayed but new images from Picapp will not work.

WordPress.com demands a specific integration to enable 3rd party widgets, we are working on it, stay tuned on our blog for announcements regarding this issue.

Since WordPress.com integration requires WordPress approval – we would like to ask you to help us get it from WP.com by pinging them here.

 

Jadi untuk sementara ini saya harus kembali gunain situs penyedia foto gratis lain, yang biasanya di tengah-tengahnya ada kayak watermark situs tersebut pada foto gratisan-nya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s