Fusi Data Citra Satelit

“Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk”, jika sebelumnya hadits tersebut banyak digunakan sebagai alibi oleh para maling sandal di masjid, maka hadits ini mungkin menjadi inspirasi bagi penemu teknik Fusi pada data citra satelit😀.

Fusi merupakan sebuah teknik penggabungan dua data citra satelit, antara data citra satelit panchromatic (hitam-putih) dengan data citra satelit multispektral (berwarna). Seperti saya bilang di awal tulisan, mungkin penemu teknik ini terinspirasi dengan hadits di atas, teknik ini mengambil kelebihan dari data citra satelit panchromatic yang mempunyai resolusi spasial yang biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan resolusi spasial data citra satelit multispektral. Akan tetapi data citra satelit panchromatic mempunyai kelemahan yaitu citranya berwarna hitam-putih, sehingga untuk mendapatkan data citra satelit yang mempunyai resolusi spasial tinggi miliknya data citra satelit panchromatic plus mempunyai warna yang natural punyanya data citra satelit multispektral, maka terciptalah ide mengenai Fusi ini.

Sebagai contohnya, data citra satelit panchromatic SPOT dengan resolusi spasial 2.5 meter dapat digabungkan dengan data citra satelit multispektral yang mempunyai resolusi spasial 10 meter, sehingga dihasilkan sebuah data citra satelit multispektral dengan resolusi spasial 2.5 meter (canggih kan, hehehehe …. :D). Fusi juga bisa dilakukan antara data citra satelit berbeda produk, contohnya kita bisa melakukan fusi antara data citra satelit Quickbird dengan SPOT, atau antara SAR dengan Landsat. Yang terpenting harus diperhatikan pada proses fusi ini adalah kedua citra satelit yang akan digunakan sudah sama-sama georeferenced, dalam artian semua data yang akan digunakan sudah memiliki proyeksi kebumian yang sama (UTM, Geographic, dll), dan kalaupun kedua citra tidak bergeoreferensi maka kedua citra harus mempunyai ukuran citra yang sama, area yang tercover benar-benar sama, dan ukuran pixel yang sama. Lah, kan resolusi spasial antara panchromatic dengan multispektral yang akan dilakukan fusi kan beda, pasti kan beda juga ukuran pixelnya, kok  ukuran pixelnya harus sama?, tenang aja karena pada software ENVI, ukuran pixel dari data citra satelit multispektral dapat diubah mengikuti ukuran pixel dan image dari data citra satelit panchromatic (yang rendah resolusi spasialnya mengiktui ukuran pixel dari resolusi spasial yang tinggi).

Dari pengalaman, software ENVI merupakan salah satu software yang cukup bagus dalam melakukan teknik Fusi ini. Cuman yang perlu diperhatikan ketika melakukan Fusi ini adalah ketersediaan space yang cukup besar pada hardisk komputer, karena prosesnya cukup panjang, dan hasil yang didapatkan pada satu tahapan proses dapat menghasilkan data yang lumayan besar dari sisi ukuran datanya. Banyak metode Fusi yang dapat digunakan pada software ENVI ini, mulai dari IHS (Intensity Hue Saturation), Brovey, Gram-Schmidt, dll, dan coba anda bandingkan perbedaan antara metode yang satu dengan metode yang lainnya.

Di bawah ini merupakan salah satu contoh data hasil dari penggunaan teknik Fusi, dimana data citra satelit panchromatic merupakan data citra SPOT dengan resolusi spasial 10 meter yang digabungkan dengan data citra satelit multispektral dari Landsat dengan resolusi spasial 28 m.

Fusion

Fusion

Sebelah kiri : data citra satelit original dari Landsat dengan resolusi spasial 28 m

Sebelah kanan : data citra satelit multispektral hasil Fusi (dengan resolusi spasial 10 m)

(http://www.ittvis.com/portals/0/tutorials/envi/TM_SPOT_Fusion.pdf)

Tulisan ini juga di share di sini :

http://citrasatelit.wordpress.com/2011/04/11/fusi/

2 thoughts on “Fusi Data Citra Satelit

  1. Pingback: Citra Satelit ALOS « Take And Share

  2. Pingback: Citra Satelit ALOS | PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s