Andre Villas Boas

Nama Andre Villas Boas pertama kali saya tau waktu ICI memajang namanya pada polling iseng-iseng yang diadain di Facebook, buat tau siapa pelatih idaman para member ICI buat INTER di musim depan. Kirain saya Andre Villas Boas adalah salah satu legenda INTER, selain Giuseppe Baresi dan juga Walter Zenga, yang diusulin menjadi pelatih INTER di masa yang akan datang. Tapi saya mikir, kok kalo dia legenda di INTER, kenapa saya baru denger nama Andre Villas Boas ini.

Setelah tanya pada mbah gugel, terkuaklah siapa sebenarnya Andre Villas Boas ini (eng ……. ing ……. eng …. :D), dan ternyata banyak hal menarik seputar Andre Villas Boas ini, antara lain :

1). Tidak pernah menjadi pemain sepakbola sebelumnya. Jadi dia benar-benar menimba ilmu mengenai sepakbola dan sistem kepelatihan ketika ia bekerja sebagai asisten pelatih. Dan nggak tanggung-tanggung, para gurunya adalah pelatih-pelatih dengan nama besar, seperti sir Bobby Robson dan juga Jose Mourinho.

2). Pelatih termuda di Liga Portugal. Usianya baru 32 tahun ketika melatih tim Academica di Liga Portugal dan salah satu pelatih termuda di Liga Portugal yang dapat memenangkan gelar Liga Portugal bersama FC Porto (usia 34 tahun). Dia bahkan udah mendapatkan lisensi C UEFA untuk kepelatihan pada usia 17 tahun (kayaknya emang dia udah pengen berkarir jadi pelatih ketimbang pemain bola), dan pernah melatih timnas British Virgin Islands di 2 pertandingan pada usia 21 tahun.

3). Memecahkan Rekor Kemenangan. Jose Mourinho mempunyai rekor 33 kemenangan berturut-turut bersama FC Porto di semua kompetisi yang diikuti. Dan rekor tersebut pecah oleh Andre Villas Boas dengan membawa Porto menang 36 kali secara beruntun di semua ajang pada musim ini. Rekor lain yang dia ukir adalah 10 kemenangan beruntun Porto di ajang Europe League, dimana rekor kemenangan tersebut merupakan rekor kemenangan paling banyak sebuah klub Portugal yang mengikuti sebuah ajang pertandingan antar klub di Eropa dalam satu musim kompetisi.

4). Bertangan dingin. Walau masih terlalu dini mengatakan bahwa ia pelatih bertangan dingin, karena baru memegang 2 tim saja, namun catatan prestasinya bersama Academica dan juga Porto, membuatnya cukup pantas dimasukkan pada kalangan pelatih bertangan dingin. Selain catatan kerennya selama di Porto, sebelumnya dia pernah membawa Academica keluar dari zona degradasi. Padahal waktu itu ia datang sebagai pelatih pengganti Rogerio Goncalves yang mengundurkan diri, karena waktu itu Academica tidak pernah menang dan berada pada dasar klasemen. Dia berhasil membawa Academica finish di urutan 11 di akhir musim serta lolos ke semifinal Piala Portugal, sebelum kalah dari Porto lewat gol telat Mariano Gonzalez.

Ternyata tidak salah ICI memasukkan nama Andre Villas Boas sebagai salah satu pelatih idaman INTER. Selain karena track record yang luar biasa, juga karena dia mempunyai ikatan yang kuat dengan INTER, dimana dia pernah menjadi asisten pelatih INTER ketika INTER dipegang Mourinho. Dan nampaknya Mourinho telah melahirkan seseorang yang akan menjadi rival terberatnya di masa yang akan datang.

Sumber Gambar :

Andre Villas Boas – http://www.graham-london.com/media/62715/andre_villas_boas_news352_grande%5B1%5D%20-%20copie.jpg

2 thoughts on “Andre Villas Boas

    • Jose Mourinho sebenarnya gak benar2 menjengkelkan, cuman ada beberapa faktor yang menyebabkan dia harus berperilaku menjengkelkan demi kepentingan tim-nya,😀

      Emang mba sendiri suka olahraga apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s