Kalung Unik dari Biji Buah Melon

Kebetulan lagi browsing-browsing, nemu blog bagus yang isinya mengenai kerajinan tangan. Tulisan kali ini saya bakalan cerita mengenai pembuatan kalung unik dari biji buah melon yang saya ambil dari blog tersebut (blog tersebut blog berbahasa Inggris, jadi disini saya bakalan nulis versi Indonesia-nya dengan gaya bahasa saya sendiri dan ada beberapa sedikit tambahan tentunya).

Sebelum dimulai, tulisan asli versi Inggrisnya ada disini :

http://thelittletreasures.blogspot.com/2010/09/melon-necklaces-organic-jewelery.html

Selamat membaca dan mencoba!

Buah Melon

Buah Melon

(Sumber : http://shafakahfi.blogspot.com/2011/04/khasiat-buah-melon.html)

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu diberi buah melon sebanyak yang ada pada gambar diatas? hmmmm …. pasti kamu langsung melahap habis buah melon tersebut, dengan terlebih dahulu membuang biji-biji yang ada pada buah melon tersebut. Eits, tahukah kamu ternyata biji melon yang sering kita buang, karena kita anggap sebagai sesuatu yang tidak berguna itu, dapat menjadi suatu kreasi unik dan cantik dengan sedikit kreativitas dari kita.

Dengan biji-biji yang ada pada melon tersebut, kita dapat membuat sebuah kalung yang tidak kalah menawannya dengan kalung-kalung yang sering kita lihat di toko-toko aksesoris, bahkan kita bisa menjual kalung tersebut dan mendapatkan uang hasil dari buah tangan kita. Menarik bukan?

Lalu, bagaimana caranya membuat kalung cantik dan unik dari biji melon tersebut?, ikuti dan praktekkan langkah demi langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan apa saja yang akan kita butuhkan dalam pembuatan kalung dari biji melon tersebut. Berikut ini merupakan bahan-bahan yang perlu kita persiapkan dalam pembuatan kalung tersebut :
Bahan dan Alat

Bahan dan Alat

  • Setelah semua bahan yang akan digunakan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengukur seberapa panjang benang nilon yang akan digunakan dalam pembuatan kalung. Sebagai informasi, benang dengan bahan nilon dipilih karena mempunyai kekuatan yang cukup baik untuk menahan berat suatu benda, dibandingkan benang wol ataupun benang kapas. Cara mengukur seberapa panjang benang nilon yang dibutuhkan, dapat dilakukan dengan melingkarkan benang nilon terhadap leher kita atau leher orang yang akan kita buatkan kalung. Lingkaran benang nilon pada leher tersebut diusahakan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar, sehingga kalung terlihat pada posisi yang cukup pas ketika digunakan. Panjang dari benang nilon ditambahkan sebagai bahan untuk menyambung antara sisi satu dengan sisi yang lainnya.Gambar diatas menunjukkan berbagai ukuran dari kalung. Longgar atau rapatnya disesuaikan dengan selera kita, namun usahakan agar posisi kalung terlihat pas di leher penggunanya.
  • Langkah berikutnya, kita potong buah melon dengan menggunakan pisau menjadi dua bagian sama besar.

  • Selanjutnya kita ambil biji yang ada pada buah melon tersebut dengan menggunakan sendok. Masukkan biji-biji tersebut pada sebuah wadah.

  • Untuk menghilangkan semacam serat atau lendir yang ada pada biji buah melon tersebut, kita cuci biji buah melon tersebut dengan menggunakan air hangat dan sedikit cairan pembersih.
  • Setelah selesai dicuci, keringkan beberapa saat di bawah sengatan sinar matahari.
  • Setelah benar-benar kering, lubangi bagian tengah dari biji melon tersebut dengan menggunakan jarum atau benda tajam lainnya yang dapat melubangi biji buah melon tersebut. Usahakan ukuran dari biji melon yang akan digunakan hampir sama, agar terlihat tidak timpang antara biji buah melon yang satu dengan biji buah melon lainnya, dan menimbulkan keserasian pada hasil akhir pembuatan kalungnya.

  • Agar terlihat cantik dan menarik, warnai setengah biji buah melon tersebut dengan warna favorit kalian.  Gunakan cat atau spidol permanen/paint untuk mewarnai biji buah melon tersebut.

  • Setelah selesai mewarnai semua biji buah melon yang akan kalian gunakan, masukkan biji buah melon pada benang nilon. Benang nilon jangan sampai terisi semua dengan biji buah melon, sisakan sedikit benang nilon, sebagai bahan penyambung antara satu sisi benang nilon dengan sisi benang nilon yang lainnya.
  • Setelah selesai memasukkan semua biji buah melon pada benang nilon, langkah terakhir yaitu menyambungkan antara sisi benang nilon yang satu dengan sisi benang nilon yang lainnya, dengan cara mengikatkan kedua sisi tersebut satu sama lain atau menggunakan semacam penyambung pada kalung yang biasa disebut claps.
  • Untuk menambah variasi bentuk pada kalung tersebut, kita bisa menggunakan bentuk lain, seperti misalnya bentuk sebuah lingkaran atau berbagai bentuk lainnya, yang dapat terlihat menarik jika digabungkan dengan bentuk biji buah melon. Seperti gambar di bawah ini yang akan menunjukkan contoh kalung cantik gabungan antara biji buah melon dengan berbagai bahan lain yang berbentuk lingkaran, elips, dan bahan lainnya.

Kalung yang unik dan menarik bukan?. Hanya dengan sedikit kreativitas dan kemauan, kita dapat membuat kalung dari bahan yang mungkin dianggap tidak berguna oleh orang lain.

12 thoughts on “Kalung Unik dari Biji Buah Melon

  1. Saya suka am kreasi’x,, blh d’contek g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ tu,,!!!??? Trus ap itu nti lma” bs keluar jmr g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ yaa??? Ap ad xg laen kreasi’x,,, hehehe😀

  2. Pingback: Kalung Panjang Unik - Fashion dan Belanja Jadi Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s