Google (1)

Google sebagai search engine, itu udah gak aneh, karena c Google emang rajanya di dunia mesin pencarian. Gmail, sang pesaing berat Yahoo! Mail, itu juga udah banyak kita gunain sebagai alternatif alamat email atau bahkan alamat email utama kita. Google Translate, udah banyak kita gunain buat terjemahin Bahasa Inggris yang kita gak bisa-bisa (kita ….. lu aja kali :D). Google Maps ame Google Earth, lihat bumi, luar angkasa, bahkan Mars bisa kita liat dengan gunain layanan ini, kayaknya udah banyak yang nge-jajal juga.Tapi kayaknya baru sebatas layanan itu yang kita ketahui dan sering kita gunakan, padahal masih banyak layanan lain yang bisa kita manfaatin, yang antara lain :

Google Video

Layanan Google Video ini emang kalah saing ama YouTube, jadi emang nggak terlalu kedengaran. Tapi kalo mau coba tinggal masuk kesini aja :  video.google.com

Google Videos

Tampilan Google Videos

Dari segi popoularitas, emang Google Video kalah jauh dari YouTube, namun sebenarnya layanan Google Video jauh lebih powerfull dibandingkan YouTube. Jika kita mencari video di YouTube, maka hasil yang akan ditampilkan adalah video yang diunggah (upload) oleh member-nya, sedangkan Google Video dapat menampilkan  video di berbagai situs yang ada di dunia, termasuk YouTube, Metacafe, dan situs-situs lainnya yang berbasiskan video sebagai layanan utamanya.

Google Calculator

Ternyata di Google kita bisa ngitung-ngitung juga loh. Caranya gimana?, tinggal masukkan aja angka dan operasi perhitungannya, ke dalam text/input box di Google.

Google Calculator

Google Calculator

Rule :

– Ingat urutan operasi perhitungan adalah KALIMANTAN (KALI – BAGI – TAMBAH- KURANG), nggak nyambung sih, tapi itu singkatan yang saya inget dari guru saya pas pelajaran operasi perhitungan ini. Jadi sesuai urutan yang disebutin barusan, operasi perhitungan pertama yang dilakukan pada contoh perhitungan pada gambar diatas adalah perkalian lalu kemudian pertambahan.

 – Tanda operasi perhitungan :

Operator Perhitungan

Operator Perhitungan

Hasil Perhitungan

Hasil Perhitungan

Kalo mau perhitungan yang lebih rumit lagi, kita bisa gunain situs pihak ke-3, yang menyediakan papan tombol kalkulator. Tinggal masuk aja ke situs ini :

http://www.xnumber.com/google_calc.htm

Google Converter

Kita bisa menggunakan c Google juga buat melakukan konversi terhadap berbagai unit pengukuran/perhitungan. Mulai dari konversi unit berat, tinggi, volume, dan unit-unit pengukuran lainnya.

Sebagai contoh, kita akan melakukan konversi unit berat, dari kg ke pounds, maka kita tinggal masukkan besaran angka dan unit berat yang akan dikonversi serta unit berat yang akan diketahui nantinya. Lihat contohnya di bawah ini :

Google Converter

Google Converter

Contoh Lain :

Google Converter

Google Converter

Sedangkan untuk melakukan konversi nilai mata uang, kita harus masuk dulu kesini :

http://www.google.com/finance/converter

Google Converter - Finance

Google Converter - Finance

Namun, yang menjadi masalah pada konversi mata uang ini adalah apakah google melakukan update terus menerus terhadap nilai mata uang yang setiap saat selalu berubah-ubah.

Masih banyak sebenarnya layanan atau produk Google lainnya yang keren namun belum banyak diketahui, tapi hal itu akan saya posting di lain waktu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s