Citra Satelit ALOS

Wah senangnya bisa kembali menulis di blog ini, setelah hampir 2 bulan lebih puasa menulis (padahal bulan puasa aja cuman 1 bulan, :D), dan kali ini saya akan bercerita mengenai citra satelit ALOS, yang merupakan citra satelit resolusi menengah (10 meter dan 2.5 meter), dimana para pembaca sekalian dapat membelinya lewat kami (Ortho Team Citra Satelit) dengan harga yang menarik. Untuk mengenal lebih jauh apa itu citra satelit ALOS, silahkan membaca postingan ini. Happy Reading!

ALOS

ALOS (Advanced Land Observing Satellite) atau dalam Bahasa Jepang disebut “Daichi”, merupakan satelit kepunyaannya bangsa Jepang, dimana satelit ini mempunyai tiga instrumen remote sensing, yaitu Panchromatic Remote-sensing Instrument for Stereo Mapping (PRISM) untuk pemetaan elevasi secara digital, kemudian instrumen yang kedua adalah the Advanced Visible and Near Infrared Radiometer type 2 (AVNIR-2) untuk observasi tutupan lahan yang akurat, serta yang terakhir adalah the Phased Array type L-band Synthetic Aperture Radar (PALSAR) untuk observasi keadaan cuaca sepanjang hari (siang dan malam).

Gambar 1. Satelit ALOS

(http://www.eorc.jaxa.jp/ALOS/en/about/about_index.htm)

PRISM

Lebih dalam lagi mengenai ketiga instrumen remote sensing dari satelit ALOS, kita akan membahasnya satu persatu. Kita mulai dari yang pertama yaitu PRISM, yang merupakan radiometer panchromatic dengan resolusi spasial 2.5 meter pada keadaan nadir. Hasil ekstrak data dari PRISM ini dapat menghasilkan Digital Surface Model (DSM) dengan tingkat keakuratan cukup tinggi. PRISM sendiri mempunyai tiga sistem optik yang independen, yaitu nadir, backward, dan forward, yang digunakan untuk merekam suatu wilayah yang dilalui oleh satelit ALOS. Tiga sistem optik tersebut masing-masing mempunyai tiga kaca dan juga beberapa detektor CCD untuk melakukan scan push-broom.

Gambar 2. Sistem Optik PRISM

(http://www.eorc.jaxa.jp/ALOS/en/about/prism.htm)

Pada bagian sistem optik (teleskop) nadir, cakupan wilayah yang dapat direkam yaitu 70 km, sedangkan pada bagian sistem optik backward dan forward, cakupan wilayahnya yaitu 35 km. Teleskop nadir, backward, dan forward, dipasang di bagian samping dari Optical Bench (papan optik) dengan pengaturan temperatur yang baik (dapat dilihat pada Gambar 2 diatas). Teleskop backward dan forward didesain dengan tingkat kemiringan -24 derajatdan +24 derajat dari teleskop nadir agar tercipta rasio base-to-height sebesar 1.0.

Berikut ini ikhtisar dari penjelasan mengenai PRISM diatas :

AVNIR-2

Gambar 3. AVNIR-2

(http://www.eorc.jaxa.jp/ALOS/en/about/avnir2.htm)

AVNIR-2 merupakan suksesor dari AVNIR yang diluncurkan tahun 1996 silam, dimana AVNIR-2 ini merupakan usaha untuk meningkatkan resolusi spasial citra satelit dari resolusi spasial 16 meter hasil dari perekaman AVNIR menjadi 10 meter hasil dari perekaman AVNIR-2. AVNIR-2 diibaratkan sebagai QuickBird atau WorldView-2-nya DigitalGlobe, dimana citra yang dihasilkan mempunyai 4 band (3 band pada saluran tampak, dan satu band pada saluran inframerah dekat atau near infraread).

Berikut ini karakteristik dari AVNIR-2 :

Fusi antara Citra Satelit PRISM dan AVNIR-2

Ingin mendapatkan citra satelit yang mempunyai warna natural color/true color, false green (hijau semu), atau false red (merah semu) punyanya AVNIR-2 akan tetapi mempunyai resolusi spasial layaknya PRISM (2.5 meter)?, hal tersebut dapat terwujud dengan salah satu teknik dalam pengolahan data citra satelit yang biasa disebut dengan fusi/pansharp (lebih lengkapnya mengenai fusi citra satelit ini dapat dilihat pada postingan saya disini : Fusi Data Citra Satelit

Untuk pembahasan mengenai instrumen ketiga yaitu PALSAR, akan dibahas lain waktu.

Pemanfaatan Citra Satelit ALOS

ALOS dikembangkan untuk memberikan kontribusi terhadap bidang pemetaan, observasi yang presisi terhadap penggunaan lahan, monitoring bencana, dan juga survey terhadap keadaan sumber daya alam.

Data dan Fakta ALOS

Contoh Citra Satelit ALOS

Berikut ini contoh-contoh citra satelit ALOS (PRISM, AVNIR-2, dan hasil fusi antara PRISM dan AVNIR-2).

Citra Satelit ALOS PRISM

Gambar 4. Citra Satelit ALOS PRISM 2.5 M - Gunung Fuji

(http://www.satimagingcorp.com/gallery/alos-mount-fuji.html)

Citra Satelit ALOS AVNIR-2

Gambar 5. Citra Satelit ALOS AVNIR-2

(www.alos-restec.jp/en/staticpages/index.php/gallery)

Citra Satelit ALOS Hasil Fusi antara Citra Satelit ALOS PRISM 2.5 Meter dengan Citra Satelit ALOS AVNIR-2 10 Meter

Gambar 6. Citra Satelit ALOS Hasil Fusi

(www.satimagingcorp.com/gallery/alos-saint-petersburg-russia.html)

 

Berikut ini video mengenai citra satelit ALOS yang diambil dari YouTube :

6 thoughts on “Citra Satelit ALOS

  1. Kami membutuhkan citra avnir-2 lokasi kab. Simalungun, sumut. Luas 2.700 ha. Berapa harganya. Dan informasi lainya mohon ke 08126020049

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s