Menampilkan Format ECW di Microsoft Word 2007

ECW (Enhanced Compression Wavelet) merupakan suatu format data yang dikembangkan oleh Earth Resource Mapping (perusahaan pembuat software ER Mapper, dan sekarang dimiliki oleh ERDAS), dimana tujuan pembuatannya adalah melakukan pemampatan atau kompresi terhadap data-data citra satelit yang biasanya berukuran besar, agar dapat menghemat penggunaan memori komputer.

Data dengan format ECW dapat dibuka di softwaresoftware pengolahan data citra satelit ataupun GIS yang sekarang ini tersedia di pasaran, seperti ER Mapper, PCI Geomatica, MapInfo, ArcGIS, dan banyak lainnya. Namun terdapat pula aplikasi gratis yang dibuat oleh pihak Earth Resource Mapping yang bernama ER Viewer, yang dapat diunduh di alamat berikut ini :

http://70.87.108.212/ProductView.aspx?t=160

Untuk melakukan download aplikasi ER Viewer, klik bagian Downloads (lihat area yang dilingkari warna merah), dimana setelah kita klik akan muncul halaman seperti berikut ini :

Pilih ER Viewer versi terbaru yaitu versi 7.2 (lihat area yang dilingkari warna merah), dimana setelah kita klik akan muncul tampilan sebagai berikut :

Klik bagian Register to Download, jika sebelumnya kita belum pernah melakukan registrasi di situs ini. Setelah kita klik bagian tersebut, akan muncul tampilan halaman registrasi yang harus diisi.

Isi secara lengkap bagian REGISTER (seperti terlihat pada Gambar 4). Jika telah selesai, kita bisa login ke situs tersebut dan melakukan download aplikasi gratis ER Viewer versi 7.2.

Nama file ER Viewer versi 7.2 yang kita download adalah :

ERViewer7.2Setup_20080212

Instal aplikasi tersebut di komputer kita.

Setelah selesai, maka kita dapat membuka data dengan format ECW, .ers (ER Mapper Raster Dataset) serta .alg (ER Mapper Algorithm), atau data image dengan format yang telah banyak kita kenal seperti TIFF atau JPEG.

Dengan ER Viewer versi 7.2 ini, kita dapat juga menampilkan format data seperti ECW, dataset (.ers), atau bahkan bentuk algoritma dari data citra satelit (.alg), di program Microsoft Office, yang notabene bukan merupakan software yang terkait dengan pengolahan data citra satelit ataupun GIS. Hal tersebut dimungkinkan, karena ketika kita sudah meng-instal ER Viewer 7.2 di komputer kita, maka ER Viewer bertindak sebagai OLE Server. Ini berarti bahwa, data-data dengan format data yang dapat dibuka di ER Viewer dapat juga dibuka pada aplikasi lain yang telah mendukung penggunaan OLE (Object Linking and Embedding), seperti misalnya Microsoft Office (Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint). Sebagai contohnya, pada postingan kali ini akan dibahas bagaimana menampilkan file-file dengan format data yang bisa dibuka di aplikasi ER Viewer 7.2, dapat ditampilkan di Microsoft Word 2007.

Pertama, buka program Microsoft Word 2007.

Kedua, setelah kita berada pada jendela tampilan awal Microsoft Word 2007, klik pada bagian Tab Insert (lihat area yang dilingkari warna merah pada Gambar 8).

Ketiga, pada bagian Grup Text pada Tab Insert, kita klik Object (lihat area yang dilingkari warna merah pada Gambar 9).

Setelah kita klik Object, maka akan muncul tampilan dialog box sebagai berikut :

Perhatikan Gambar 10 diatas, terdapat dua Tab yaitu Tab Create New dan Create from File, kita pilih Tab Create from File (nomor 1), lalu pada bagian File name:, kita klik Browse… (nomor 2), untuk mencari data dengan format .ecw, .ers, ataupun .alg, untuk ditampilkan di Microsoft Word 2007, klik OK (nomor 3) jika telah selesai.

Sebagai contoh, saya gunakan contoh data yang terdapat pada hasil instalasi ER Mapper dengan pilihan Full (yang mengikut sertakan contoh data), yang berada di :

C:\ERMapper64\examples\Shared_Data

Kita bisa memilih mana saja data yang akan kita tampilkan di Microsoft Word 2007 yang terdapat pada folder tersebut, sepanjang data tersebut mempunyai format data .ecw, .ers, ataupun .alg.

Perhatikan Gambar 11 diatas, saya memilih data dengan nama SPOT_XS.ers untuk ditampilkan di Microsoft Word 2007. Tampilan awal, data akan ditampilkan dalam ukuran yang kecil, untuk memperbesarnya klik pada data tersebut, sehingga muncul tool untuk memperbesar ukuran gambar tersebut (berwarna biru-seperti ditunjukkan pada Gambar 12).

Tarik bagian ujung dari tool tersebut, sampai data berukuran sebesar yang kita inginkan.

Sesuai dengan topik pada postingan kali ini, yaitu menampilkan data dengan format ECW di Microsoft Word 2007, dan karena pada folder tersebut tidak ada data dengan format ECW, maka saya kompres terlebih dahulu data SPOT_XS.ers tersebut di ER Mapper dengan nama output yaitu SPOT.ecw, dan hasilnya data dengan format ECW tersebut dapat ditampilkan juga di Microsoft Word 2007.

Data yang kita tampilkan merupakan data yang kita embed di Microsoft Word 2007, dalam artian data akan bersifat statik dan akan tetap berada di dokumen Microsoft Word 2007, walaupun data sudah tidak berada dalam folder tersebut (bukan Linking Object).

Selain itu kita dapat juga menampilkan data-data dengan format .ecw, .ers, serta .alg, di Microsoft Word 2007, yang berada di internet, dengan cara memilih Create New pada bagian dialog box Object, lalu pilih ER Mapper IWS ECWP Image.

Sekian postingan kali, semoga bermanfaat😀.

One thought on “Menampilkan Format ECW di Microsoft Word 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s