Citra Satelit WorldView-2

Setelah sukses dengan citra satelit QuickBird dan WorldView-1, DigitalGlobe pada tanggal 8 Oktober 2009, meluncurkan satelit dengan tujuan komersial lainnya yang bernama WorldView-2. Satelit WorldView-2 ini menghasilkan citra yang mempunyai resolusi spasial 1.8 meter pada keadaan nadir, 2.4 meter pada keadaan 200 offnadir (untuk moda multispektral), serta 0.5 meter pada keadaan nadir dalam moda panchromatic (hitam-putih).

Dibuat dengan misi hidup selama 7.25 tahun, WorldView-2 mempunyai kemampuan untuk melakukan perekaman suatu daerah sampai dengan 975 ribu km2 per hari-nya serta dapat kembali ke daerah yang sama dalam waktu 1.1 hari. Dengan kemampuan seperti itu, WorldView-2 merupakan sumber data yang memberikan keadaan up-to-date dari suatu daerah.

Dengan tambahan 4 band yaitu Coastal Band, Yellow Band, Red Edge Band, serta Near Infrared 2 Band, disamping 4 band yang sudah banyak dikenal (Red, Green, Blue, serta Near Infrared Band), WorldView-2 merupakan satelit komersial pertama yang mempunyai 8 band. Penambahan 4 band diatas, akan mempertajam kemampuan dalam hal melakukan analisis multispektral.

Gambar 1. 8 Band WorldView-2

(Sumber : http://www.satimagingcorp.com/satellite-sensors/worldview-2.html)

Band tambahan yang pertama yaitu Coastal Band (400 – 450 nm) dapat digunakan untuk melakukan identifikasi dan analisis vegetasi, serta support terhadap studi bathymetric yang didasarkan pada karakteristik klorofil serta penetrasi terhadap air. Selain itu, Coastal Band dapat digunakan untuk melakukan riset lebih lanjut mengenai teknik koreksi atmosfer.

Yellow Band (585 – 625 nm), sebagai band tambahan kedua, digunakan untuk melakukan identifikasi terhadap karakteristik “yellow-ness” dari sebuah target, dan penting untuk aplikasi terhadap studi vegetasi. Band ini juga dapat memberikan kontribusi terhadap perbaikan warna natural dari sebuah citra satelit.

Identifikasi dari kesehatan sebuah tanaman dapat dilakukan oleh band tambahan ketiga yaitu Red Edge Band (705 – 745 nm), dengan melihat produksi klorofil dari tanaman tersebut. Sedangkan band tambahan yang terakhir, yaitu Near Infrared 2 Band, dapat digunakan untuk analisis vegetasi serta studi mengenai biomass.

Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki, WorldView-2 merupakan pemimpin dalam pasar citra resolusi tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s