Download Data Citra Satelit QuickBird

Mungkin ada beberapa diantara pengunjung sekalian yang penasaran dengan bentuk data mentah (raw data) citra satelit QuickBird, yang selama ini hanya tampil berupa gambar (data raster) di blog saya ini. Untuk mengusir rasa penasaran tersebut, saya berikan salah satu link yang menyediakan data citra satelit QuickBird secara gratis kepada kita, yang mempunyai alamat link sebagai berikut :

http://www.glcf.umd.edu/

Berikut ini, akan saya jelaskan bagaimana cara men-download data citra satelit QuickBird dari situs tersebut :

Setelah kita berada pada bagian tampilan awal situs tersebut, kita pilih pada bagian menu pilihan Data & Products (lihat area yang dilingkari warna merah pada Gambar 1).

Gambar 1. Tampilan Awal Situs

Kita akan dibawa ke halaman Data & Products, dimana di halaman tersebut terdapat link yang akan membawa kita untuk men-download citra satelit QuickBird serta berbagai jenis citra satelit lainnya.

Gambar 2. Halaman Data & Products Situs http://www.glcf.umd.edu/

Setelah kita klik Quickbird pada bagian Satellite Imagery (seperti ditunjukkan Gambar 2), kita akan masuk pada halaman QuickBird Imagery, dimana pada halaman tersebut terdapat link download data citra satelit QuickBird.  Kita dapat download lewat Search and Preview Map atau lewat FTP Server (seperti ditunjukkan pada Gambar 3).  Untuk download lewat FTP Server, kita dapat menggunakan software yang dapat memudahkan kita untuk melakukan download di FTP, seperti FileZilla ataupun Total Commander.

Gambar 3. Halaman QuickBird Imagery

Sebagai contoh, saya pilih pilihan Download via Search and Preview Map. Setelah kita memilih pilihan download tersebut, kita akan dibawa menuju halaman seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 4.

Gambar 4. Download Data Citra Satelit QuickBird via Maps

Terdapat beberapa area di berbagai negara yang bisa kita download, dan salah satunya adalah area Taman Nasional Ujung Kulon. Sebagai contoh kembali, saya pilih Taman Nasional Ujung Kulon (di situs tersebut ditulis sebagai Ujong Kulon – diperlihatkan pada area yang dilingkari warna orange pada Gambar 4 diatas), sebagai area yang akan di download.

Setelah kita klik Ujong Kulon, kita akan dibawa ke halaman yang menunjukkan peta link download data citra satelit QuickBird area Taman Nasional Ujung Kulon. Area yang ter-cover oleh citra satelit QuickBird diberi ID dengan menggunakan alfabet, mulai dari A sampai dengan G. Satu ID di-cover oleh 4 tile citra satelit QuickBird dengan tanggal perekaman yang sama. Sebagai contoh, kita ingin men-download area yang ter-cover oleh ID A, maka kita harus men-download 4 tile citra satelit, yang merupakan arsip tanggal 15 Agustus 2002, mulai dari tile nomor 1 sampai dengan nomor 4.

Gambar 5. Tile Citra Satelit bagian Map ID A

Perhatikan Gambar 5 diatas, bagian Scene Id menunjukkan link download data citra satelit QuickBird, dimana sebagai contoh kita klik pada bagian Scene Id bagian Map Id : A dengan Tile Id : 1, maka akan muncul tampilan halaman sebagai berikut :

Gambar 6. Isi Dari Data Citra Satelit QuickBird Bagian Map Id : A serta Tile Id : 1

Keterangan :

– R merupakan singkatan dari Row (baris) dan C merupakan singkatan dari Column (Kolom), jadi misalkan R1C1 menunjukkan data citra satelit baris 1 kolom 1. Biasanya pihak DigitalGlobe memotong data citra satelit menjadi beberapa bagian dengan memberikan ID berupa RxCx, dimana tujuannya agar data citra satelit itu masuk dalam satu keping DVD, atau biasanya juga dilakukan agar data citra satelit yang mempunyai format data GeoTIFF tersebut tidak terlalu berat ketika dibuka di softwaresoftware pengolahan data citra satelit seperti ER Mapper, ENVI, PCI Geomatica, dan lainnya. Untuk menggabungkan data citra satelit yang kita download agar menjadi satu kesatuan utuh (misal kita ingin menggabungkan Tile Id : R1C1, R1C2, R2C1, dan R2C2 pada bagian Map Id : A), kita dapat melakukannya secara manual menggunakan ER Mapper, atau melakukan assemble (penggabungan) menggunakan software ENVI atau PCI Geomatica.

– Pada satu Scene Id, terdapat dua jenis citra satelit, yaitu Multispectral dan Panchromatic. Pada bagian R1C1, file data citra satelit multispectral bernama 02AUG15 …..-M2AS-R1C1-……..TIF.gz . Sedangkan file data citra satelit panchromatic bernama 02AUG15 …..-P2AS-R1C1-……..TIF.gz (data dikompres ke bentuk tar gz – setelah download kita ekstrak untuk mendapatkan data citra satelit dalam bentuk GeoTIFF). Ukuran citra multsipectral yaitu 69806 kb (69 mb), sedangkan citra panchromatic berukuran 289605 kb (289 mb). 2.44 sampai 2.88 merupakan range dari resolusi spasial citra satelit multispectral, sedangkan citra satelit panchromatic mempunyai range resolusi spasial antara 61-72 cm (untuk data citra satelit QuickBird yang berada di situs ini). Untuk mendapatkan citra satelit QuickBird multispectral dengan resolusi spasial antara 61-72 cm, maka per tile dari citra satelit QuickBird ini harus dilakukan terlebih dahulu proses PANSHARP.

– Terdapat format data dengan ekstensi .JPG, yang merupakan preview dari data citra satelit yang akan kita download. Sedangkan format data dengan ekstensi .RPB merupakan file yang disertakan oleh pihak DigitalGlobe sebagai 20 titik GCP bantuan (dapat digunakan di software ENVI atau PCI Geomatica). Sedangkan file dengan format data dengan ekstensi .TIL dapat digunakan untuk melakukan assemble data citra satelit menggunakan software ENVI.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat, dan ingat bahwa data citra satelit yang kita download dari situs tersebut tidak boleh untuk diperjualbelikan kembali, dan jika ternyata ada yang melanggar ketentuan tersebut, maka sudah termasuk tindakan kriminal dan bisa dituntut secara hukum. Jadi bijaksanalah dalam menggunakan data citra satelit tersebut.

23 thoughts on “Download Data Citra Satelit QuickBird

    • Data yang ada pada situs tersebut hanya contoh saja. Jika mau data citra satelit di wilayah yang akan diorder, harus membelinya (bisa melalui saya).

      • Tergantung luas kecamatannya juga mas. Tapi minimal order pembelian data citra satelit dari DigitalGlobe adalah seluas 25 km2, jadi jika kecamatan tersebut luasnya kurang dari 25 km2, maka areanya ditambahkan (bisa sama mas sendiri atau sama pihak kita). Sebagai ilustrasi pembelian data citra satelit minimal order 25 km2 :

        Harga data citra satelit arsip : 14 USD/km2
        Harga data citra satelit arsip 25 km2 : 14 USD/km2 x 25 km2 = 350 USD
        PPn (10%) : 350 USD x 10% = 35 USD
        Biaya Shipping/FTP : 125 USD

        Jadi total biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian data citra satelit arsip dari DigitalGlobe seluas 25 km2 adalah 350 USD + 35 USD + 125 USD = 510 USD (untuk ke rupiah tinggal di kali kurs USD terhadap IDR pada saat mau transfer).

  1. saya mempunyai citra satelit quickbird dengan format .jpeg, apakah dgn format .jpeg tersebut dapat langsung diolah menggunakan software envi? atau harus dirubah dulu ke format .tif? klo harus dirubah dulu ke format .tif bagaimana caranya, apa hanya dengan save as saja?

    • Ngolah yang bagaimana ya?, kalau ENVI saya kurang familiar – saya biasa pakai ER Mapper atau PCI Geomatica, tapi misalnya mau rektifikasi terhadap citra atau peta yang telah georeference ya bisa mas. Apa citra dengan bentuk .JPEG tersebut telah georeference (mempunyai nilai koordinat)?, kalau sudah tidak perlu diubah lagi ke bentuk TIFF. Tapi kalau mau rubah ke bentuk TIFF, kalau di ER Mapper tinggal save as aja, sedangkan kalau di PCI Geomatica buka PCI Focus lalu ada pilihan translate di bagian menu bar : File | Utility | Translate, lalu pilih aja outputnya jadi TIFF. Semoga membantu.

  2. salam pak mt nugraha,
    saya mohammad fadly (adie) dari kota palu – sulteng, kebetulan profesi saya sebagai konsultant teknik sering mendapatkan pekerjaan pemetaan, saya ingin tanyakan :
    1. apakah bisa juga saya bisa dapatkan peta topografinya sesuai dengan wilayah yang saya inginkan dan mempunyai skala?
    2.untuk ordernya, alamatnya dimana? (alamat, email dan no. hp) dan apakah data nya update.
    trims……….

  3. saya mau tanya ttg data arus…ada apa tidak??serta pengolahannya??terima kasih.bls lewat email ya mas..

  4. Salam pk Nugraha, mksih utk infox…
    mau nanya “knp citra landsat yg gratisan udh susah di download?? atw ada cra lain ya??? mksih

  5. Pingback: Nusakambangan Dimana | Cara Daftar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s