Warna Natural SPOT di Global Mapper

Ada sesuatu yang menarik ketika saya lagi oprak-oprek Global Mapper (disini saya menggunakan software Global Mapper v11.02), dimana ternyata software ini dapat membuat warna natural data citra satelit SPOT yang terkenal agak gampang-gampang susah untuk didapatkan warna natural-nya. Bagaimana caranya?, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1).  Buka software Global Mapper (disini saya menggunakan software Global Mapper v11.02).

Gambar 1. Buka Software Global Mapper

2).  Setelah jendela tampilan utama Global Mapper muncul, masukkan data citra satelit SPOT.

Gambar 2. Buka Data Citra Satelit SPOT

Pada jendela tampilan Global Mapper, klik Open Your Own Data Files (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 2) atau dapat juga dengan cara klik pada bagian menu bar : File | Open Data File(s)… atau dengan shortcut Ctrl + O. Setelah itu akan muncul jendela tampilan Open, kemudian klik data citra satelit SPOT (ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 2) serta klik Open (ditunjukkan oleh angka 3 pada Gambar 2). Disini saya menggunakan data citra satelit SPOT yang terdapat pada software ER Mapper versi 6.4, yang terletak pada direktori :

C | ERMapper64 | examples | Shared_Data | SPOT_XS.ers

3). Klik Open Control Center.

Gambar 3. Tampilan Citra SPOT di Global Mapper

Setelah kita memilih data citra satelit SPOT pada langkah sebelumnya, maka data tersebut akan muncul pada jendela tampilan Global Mapper. Seperti terlihat pada Gambar 3 diatas, citra tersebut di dominasi oleh warna biru (terutama warna vegetasi).

Gambar 4. Open Control Center

Untuk membuatnya mempunyai warna natural, pertama-tama kita klik Open Control Center pada bagian toolbar software Global Mapper (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 4). Setelah muncul jendela tampilan Overlay Control Center, kemudian klik pada bagian data citra satelit (ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 4). Lakukan pengaturan untuk data citra satelit tersebut pada bagian tombol Options… (ditunjukkan oleh angka 3 pada Gambar 4).

4). Pilih Blend Mode : SPOT Natural Color (SPOT to Natural)

Gambar 5. Raster Options

Setelah kita klik tombol Options…, akan muncul jendela tampilan Raster Options. Tab pertama yang terdapat di hadapan kita adalah tab Display (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 5). Pada bagian Blend Mode(ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 5), kita pilih SPOT Natural Color (SPOT to Natural). Klik Apply (ditunjukkan oleh angka 3 pada Gambar 5) atau OK untuk melihat perubahan yang terjadi.

Gambar 6. Citra Satelit SPOT Hasil Penggunaan Blend Mode

Gambar 6 diatas menunjukkan perubahan warna yang terjadi pada citra satelit SPOT. Warna vegetasi sudah berwarna natural yaitu berwarna hijau, namun secara keseluruhan warna natural yang ditampilkan masih kurang begitu baik. Untuk melakukan enhance (penajaman warna) di Global Mapper dapat kita lakukan pada bagian tab Color Grade atau tab Color/Contrast Adjustment.

Gambar 7. Pengaturan Warna di Tab Color/Contrast Adjustment

Gambar 7 diatas memperlihatkan pengaturan warna yang dapat kita lakukan terhadap citra satelit SPOT pada bagian tab Color/Contrast Adjustment (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 7). Pada bagian ini, saya mencoba mengubah komposisi Color Balance dari tiga warna dasar RedGreenBlue (RGB). Hasilnya dapat dilihat pada Gambar 8 dibawah ini :

Gambar 8. Hasil Pengaturan Color Balance

Jika dirasa masih kurang baik tampilannya, kita bisa utak-atik kembali pengaturan dari Color Balance serta melakukan pengaturan pada bagian Contrast Adjustment atau melakukan pengaturan pada bagian tab Color Grade. Silahkan untuk bereksperimen untuk mendapatkan warna natural yang paling baik untuk data citra satelit SPOT  tersebut.

Pada postingan ini, citra satelit SPOT yang digunakan adalah citra satelit SPOT dengan resolusi spasial 20 meter, yang merupakan data contoh dari ER Mapper, sedangkan saya sendiri masih belum mencoba untuk data citra satelit SPOT pada resolusi spasial yang lain, apakah masih bisa sama seperti cara diatas?. Jika ada yang sudah mencoba dengan data citra satelit SPOT-nya masing-masing, bisa di share pada bagian comment mengenai hasil yang didapatkan.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat😀

Postingan ini saya share juga disini :

Map Vision – ” Create Your Vision With a Map

3 thoughts on “Warna Natural SPOT di Global Mapper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s