Kombinasi Band Data Citra Satelit Menggunakan SAGA GIS

SAGA GIS

Penggunaan softwaresoftware RS dan GIS komersial memang sangat memudahkan pekerjaan orang-orang yang berkecimpung di dunia RS & GIS. ER Mapper, PCI Geomatica, ENVI, ArcGIS, atau MapInfo, merupakan sebagian softwaresoftware komersial yang banyak digunakan di dunia RS dan GIS, karena kemampuannya yang powerfull dan penggunaannya yang user friendly. Namun yang menjadi permasalahan adalah harga dari softwaresoftware tersebut boleh dikatakan selangit dibandingkan dengan daya beli masyarakat Indonesia. Dengan harga yang bisa mencapai ratusan juta rupiah, tentu saja ini menjadi kendala besar di kalangan orang-orang RS dan GIS yang ada di Indonesia.

Salah satu solusi untuk menyiasati mahalnya harga softwaresoftware komersial tersebut adalah mulai menggunakan softwaresoftware RS dan GIS yang gratis. Sebut saja software GRASS, ILWIS, OSSIM, FMaps, OpenJump, atau SAGA GIS, yang merupakan softwaresoftware gratis RS dan GIS. Nah untuk itu pada postingan kali ini, saya akan membahas penggunaan salah satu software gratis tersebut yaitu SAGA GIS untuk melakukan kombinasi band data citra satelit, sehingga kita bisa familiar dengan softwaresoftware gratis RS dan GIS.

SAGA GIS (System for Automated Geoscientific Analyses) merupakan software GIS (Geographic Information System) gratis yang open source, dalam artian software ini dapat diperoleh secara gratis serta kita dapat ikut serta mengembangkan program software ini. Pusat pengembangan SAGA GIS sendiri saat ini berada di Hamburg – Jerman, dimana ide awal dari pembuatan software ini berasal dari beberapa peneliti di Departemen Geografi – Universitas Gottingen.

Untuk mendapatkan software GIS gratis ini, kita dapat meluncur ke website berikut :

www.saga-gis.org

Jika software SAGA GIS telah kita unduh dan ter-install di komputer, maka kita akan mulai belajar bagaimana melakukan kombinasi band data citra satelit di software tersebut.

1). Langkah pertama, double click (klik dua kali) ikon software SAGA GIS di desktop komputer kita.

Gambar 1. Ikon SAGA GIS

2). Akan muncul jendela tampilan dari SAGA GIS setelah kita klik dua kali ikon SAGA GIS.

Gambar 2. Jendela Tampilan SAGA GIS

 

3). Pada postingan kali ini, saya akan melakukan kombinasi banddata citra satelit Landsat 7 SLC-ON yang masih terdiri dari masing-masing band dengan format data GeoTIFF dan berjumlah 8 band.  Disini saya akan melakukan kombinasiband yang melibatkan band 1, 2, 3, 4, 5, dan 7, yang mempunyai resolusi spasial 30 meter, sedangkan band 6 dan 8 tidak diikutsertakan karena mempunyai resolusi spasial yang berbeda.

Gambar 3. Buka Data Citra Satelit

Untuk membuka data citra satelit di SAGA GIS, kita klik ikon Open File/Load (ditunjukkan oleh area yang dilingkari oleh warna merah pada Gambar 3 diatas).

Gambar 4. Memilih Data Citra Satelit

Setelah kita klik ikon Open File/Load, akan muncul jendela tampilan untuk memilih data yang akan ditampilkan di software SAGA GIS. Pada bagian All Recognised Files ubah menjadi All Files (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 4 diatas), hal ini dilakukan agar data citra satelit yang mempunyai format data GeoTIFF dapat muncul pada jendela tampilan pemilihan data. Kemudian kita klik satu per satu band dari data citra satelit Landsat (kecuali band 6 (61 dan 62) serta band 8 (80)), dengan cara menekan tombol Shift berbarengan dengan kita meng-klik tiap band dari data citra satelit (ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 4 diatas). Setelah pemilihan data usai, kita klik Open agar band-band dari data citra satelit tersebut tampil di SAGA GIS (ditunjukkan oleh angka 3 pada Gambar 4 diatas).

4). Data citra satelit tiap band dari Landsat akan tampil di bagian Workspace SAGA GIS.

Gambar 5. Workspace SAGA GIS

Data tiap-tiap band dari citra satelit Landsat yang telah kita pilih sebelumnya, akan tampil pada bagian Workspace. Untuk melihatnya, kita klik pada bagian tab Data (pada bagian bawah Workspace serta ditunjukkan oleh area yang dilingkari warna merah pada Gambar 5 diatas).

Gambar 6. Workspace bagian Tab Data

Pada bagian tab Data akan kita jumpai sistem grid dan layer grid. Sistem grid mengelompokkan data raster yang mempunyai resolusi spasial yang sama, ukuran bit yang sama, jumlah baris dan kolom yang sama serta area geografis yang sama. Pada sistem grid diatas terlihat tulisan 30; 7831x 7021y; 91500x 375900y dimana angka 30 menunjukkan resolusi spasial dari berbagai layer yang ada pada sistem grid, kemudian angka 7831x 7021y menunjukkan 7831 pixels dan 7021 lines, serta 91500x 375900y menunjukkan nilai koordinat dalam sistem proyeksi UTM pada bagian batas kiri atas yang ditunjukkan oleh angka 91500, sedangkan angka 375900 menunjukkan nilai koordinat pada bagian kanan bawah dari data citra satelit. Sedangkan pada bagian layer grid akan kita lihat data tiap-tiap band citra satelit yang telah kita pilih sebelumnya.

5). Dengan data tiap-tiap band telah terdapat pada bagian Workspace, kita dapat melakukan kombinasi band data citra satelit tersebut. Sebagai contoh, kita akan lakukan kombinasi band 321 untuk mendapatkan true colour, dengan caranya yaitu klik salah satu band yang masuk dalam kombinasi, boleh band ke-1, band ke-2, atau band ke-3, dimana kali ini saya akan memilih band ke-3 (dapat dilihat pada Gambar 7 dibawah ini).

Gambar 7. Pilih Band ke-3

Setelah kita klik band ke-3 tersebut (cukup sekali klik), selanjutnya kita beralih ke Object Properties dari band ke-3 tersebut (letak Object Properties berada pada bagian kanan tampilan dari software SAGA GIS).

Gambar 8. Pengaturan Kombinasi Band

Pada pengaturan Colors, pada bagian Type pilih RGB Overlay (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 8 diatas). Pada bagian pengaturan RGB Overlay bagian Coloring terdapat berbagai pilihan, tapi pastikan pilihannya terdapat opsi red=this, mengingat bahwa kita memilih band ke-3 pada pengaturan ini (ingat kembali kombinasi band untuk mendapatkan true colour adalah RGB 321 dimana band ke-3 yang berisikan saluran panjang gelombang cahaya tampak warna merah ditempatkan pada posisi sebenarnya yaitu pada layer R (Red) atau warna merah). Saya sendiri memilih opsi : red=this, green=1, blue=2 (ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 8 diatas), dimana green=1 dan blue=2, bukan menunjukkan bahwa layer green (hijau) diisi dengan band ke-1 dan layer blue (biru) diisi dengan band ke-2, akan tetapi menunjukkan posisi dari layer green dan layer blue. Sehingga green=1 menunjukkan layer green berada pada posisi setelah layer red, dan layer blue berada pada posisi setelah layer green.

Selanjutnya, kita beranjak pada pengaturan Overlay 1. Dengan penjelasan sebelumnya, maka Overlay 1 ini merupakan layer green (ingat green=1). Layer green kita isi dengan band ke-2, sedangkan pada bagian Grid system, kita pilih Grid system yang memang pilihannya hanya ada satu (30; 7831x 7021y; 91500x 375900y ), sedangkan pada pengaturan Overlay 2 merupakan layer blue(ingat blue=2), yang kita isi dengan band ke-1, dengan pilihan Grid system yang sama. Jika kita memilih opsi red=this, green=2, blue=1, maka Overlay 1 merupakan layer blue yang kita isi dengan band ke-1 dan Overlay 2 merupakan layer green yang kita isi dengan band ke-2.

Selesai melakukan pengaturan, maka klik Apply (area yang dilingkari warna merah pada Gambar 9 dibawah ini).

Gambar 9. Klik Apply Untuk Melihat Hasil Kombinasi Band

Untuk melihat hasilnya, kita kembali ke bagian Workspace, kemudian double click (klik dua kali) band ke-3, sehingga akan tampil data citra satelit hasil kombinasi band RGB 321 pada bagian Work Area (area kerja) software SAGA GIS.

Gambar 10. Hasil Kombinasi Band RGB 321

Dengan cara yang sama kita dapat membuat kombinasi band untuk mendapatkan citra satelit false colour (seperti kombinasi band RGB 432 atau RGB 742).

Gambar 11. Kombinasi Band RGB 432 dan RGB 742

Mungkin penggunaannya akan terasa lebih ribet jika dibandingkan dengan software komersial yang biasa kita gunakan, akan tetapi jika terus dipelajari dan digunakan, kita akan terbiasa dan familiar dengan software gratis ini.

 

 

 

 

 

 

4 thoughts on “Kombinasi Band Data Citra Satelit Menggunakan SAGA GIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s