Glowing in the Dark

Pengen tahu kenampakan bumi di malam hari?, pengen tahu kota atau negara mana yang masih “terang benderang” padahal matahari sudah off dari tugasnya?, jika iya maka kita dapat berkunjung pada laman web berikut ini :

www.peteraldhous.com/earthnight.html

Web tersebut memperlihatkan kenampakan bumi di malam hari yang image-nya diambil dari Black Marble.

Black Marble merupakan gabungan dari citra satelit yang memperlihatkan keadaan permukaan bumi yang terutama memberikan penampakan cahaya akibat aktivitas manusia pada malam hari yang diambil dari satelit SUOMI NPP. Satelit yang merupakan proyek barengan antara NASA, NOAA, dan DOD ini dilengkapi band yang oleh pihak NASA dinamakan sebagai “band siang-malam” yang berada pada Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) yang dapat mendeteksi cahaya pada range gelombang elektromagnetik dari cahaya tampak warna hijau sampai dengan inframerah dekat dan menggunakan sebuah teknik pemilteran untuk mengobservasi sinyal dim (seperti cahaya yang berasal dari aktivitas manusia, aurora, kebakaran hutan, refleksi dari cahaya bulan, dll).

Dengan Black Marble ini kita dapat sedikit menyimpulkan kota mana saja pada suatu negara yang mempunyai tingkat populasi penduduk yang padat atau kota mana saja pada suatu negara yang memiliki aktivitas ekonomi yang tinggi. Sebagai contohnya di negara kita Indonesia, bagaimana kota-kota yang berada di Pulau Jawa masih “terang-benderang” di malam hari, namun di sisi lain misalnya di Papua hanya beberapa area yang masih beraktivitas di malam hari (masih belum dipastikan apakah aktivitas tersebut berasal dari cahaya-cahaya lampu pada area perkotaan atau karena adanya aktivitas pertambangan).

Gambar 1. Kenampakan Pulau Jawa dan Papua di Black Marble

Gambar 1. Kenampakan Pulau Jawa dan Papua di Black Marble

Hal lainnya yang dapat dilihat pada Black Marble ini adanya cahaya yang oleh beberapa ilmuwan NASA dikatakan sebagai kebakaran hutan yang terjadi di negara Australia.

Gambar 2. Wilayah Australia Yang Diduga Mengalami Kebakaran Hutan Yang Dilihat Dari Black Marble (Inset : Negara Australia Secara Kesuluruhan Dilihat Dari Black Marble)

Gambar 2. Wilayah Australia Yang Diduga Mengalami Kebakaran Hutan Yang Dilihat Dari Black Marble (Inset : Negara Australia Secara Kesuluruhan Dilihat Dari Black Marble)

Dari Gambar 2 diatas dapat dilihat bahwa diperkirakan wilayah Australia bagian barat mengalami kebakaran hutan dilihat dari citra Black Marble tersebut. Hal tersebut diperkirakan oleh para ilmuwan NASA, karena pada wilayah-wilayah “terang” tersebut bukan merupakan wilayah perkotaan maupun area industri. Adapun mengapa area kebakarannya sangat masiv, karena Black Marble merupakan citra gabungan yang diambil selama 9 hari pada bulan April 2012 dan selama 13 hari selama bulan Oktober 2012, sehingga citra yang ditampilkan merupakan citra gabungan selama hasil perekaman tersebut (jadi kemungkinan antara satu area kebakaran dengan area kebakaran lain merupakan area yang direkam dengan tanggal perekaman yang berbeda namun dijadikan menjadi satu citra gabungan pada Black Marble).

Selain itu kita dapat menyaksikan garis batas wilayah antara negara Korea Selatan dengan negara Korea Utara serta bagaimana perbedaan aktivitas yang terjadi pada malam hari pada kedua negara tersebut.

Gambar 3. Citra Satelit Black Marble Negara Korea Selatan Dengan Korea Utara

Gambar 3. Citra Satelit Black Marble Negara Korea Selatan Dengan Korea Utara

Pada Gambar 3 diatas dapat disaksikan perbedaan mencolok antara negara Korea Selatan dengan negara Korea Utara. Korea Selatan yang memang saat ini merupakan salah satu kekuatan ekonomi di Asia dan bahkan Dunia (salah satu dari 4 negara yang dijuluki dengan Macan Asia) terlihat hampir keseluruhan wilayahnya masih terang benderang pada malam hari, namun hal kontras terjadi pada negara Korea Utara yang hampir gelap gulita di hampir keseluruhan wilayahnya.

Kegiatan eksplorasi minyak dan gas di Timur Tengah pun dapat dilihat dari penampakan citra satelit Black Marble ini.

Gambar 4. Kegiatan Eksplorasi Minyak dan Gas di Timur Tengah

Gambar 4. Kegiatan Eksplorasi Minyak dan Gas di Timur Tengah

Untuk melihat citra satelit Black Marble wilayah lain, silahkan berkunjung pada halaman web yang sudah saya pajang diatas.

Sekian postingan kali ini semoga bisa menambah wawasan kita semua😀

Postingan ini saya share juga disini : http://citrasatelit.wordpress.com/2012/12/18/glowing-in-the-dark-2/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s