DigitalGlobe – 2012 Top Satellite Image of the Year

Tahun 2013 sedang kita jalani dan Tahun 2012 sudah menjadi memori,  namun selama tahun 2012 tersebut, DigitalGlobe selaku perusahaan penyedia citra satelit resolusi tinggi untuk keperluan komersial, merekam area-area di permukaan bumi yang sangat luar biasa untuk kita lihat bersama. Dari sekian banyak area-area luar biasa tersebut, DigitalGlobe memilih 20 area yang dianggap paling luar biasa yang dimasukkan dalam sebuah kontes yang bertajuk 2012 Top Satellite Image of the Year. Disini semua orang dapat ikut serta dalam kontes tersebut dengan memilih citra satelit mana yang menurut kita paling luar biasa, dimana nantinya citra satelit yang banyak dipilih akan menjadi pemenang dari kontes ini. Saat ini tahapan kontes sudah tinggal menunggu pengumuman citra satelit pemenang hasil polling dan vote dari citra satelit yang banyak dipilih pada akun resmi DigitalGlobe di Facebook, Google Plus (+DigitalGlobe), Twitter (@DigitalGlobe), serta Pinterest.

Tahapan kontes ini sendiri terdiri atas 2 tahapan, yaitu tahapan pemilihan menuju 5 besar, dan tahapan pemilihan citra satelit yang menjadi pemenang kontes ini. Pada tahapan yang pertama, semua orang dapat memilih citra satelit mana yang menjadi favorit dengan cara mengunjungi album foto pada akun resmi DigitalGlobe di Facebook yang berisi 20 gambar citra satelit yang masuk nominasi (Top Image Contest – 2012 Facebook album), kemudian kita tinggal klik “like” pada citra satelit yang menjadi pilihan kita. 5 dari 20 citra satelit yang banyak mendapat “like” akan masuk pada tahapan putaran final, dimana sistemnya tidak lagi menggunakan sistem “like” akan tetapi sistem polling yang diadakan pihak DigitalGlobe pada akun resmi mereka di Facebook. Sebagai vote tambahan, kita dapat memilih citra satelit yang menjadi favorit pada akun resmi DigitalGlobe di sosial media lain seperti Google Plus, Twitter, dan Pinterest.

Adapun kelima citra satelit yang masuk pada tahapan putaran final adalah sebagai berikut :

Gunung Fuji | 20 September 2012

Gunung Fuji yang merupakan gunung tertinggi di Jepang ini terekam dengan sangat indah oleh satelit dari DigitalGlobe, dimana pada bagian puncak dari gunung tersebut tertutupi oleh awan tipis yang sekilas terlihat seperti sebuah kapas.

Festival Burning Man di Nevada, Amerika Serikat

Festival Burning Man | 28 Agustus 2012

Festival ini merupakan festival musik dan seni tahunan yang diadakan di bagian utara Nevada-Amerika Serikat, serta diselenggarakan selama seminggu (dimulai dari senin terakhir di bulan Agustus sampai dengan senin pertama di bulan September). Festival yang mengambil tempat di gurun yang bernama Black Rock ini terekam oleh satelit DigitalGlobe pada tanggal 28 Agustus 2012, dimana area yang dijadikan tempat festival berbentuk setengah lingkaran jika dilihat dari atas (bird eye view).

Pesawat Ulang-Alik Endeavour Berada Di Atas Badan Pesawat Boeing 747 – New Mexico, Amerika Serikat

Pesawat Ulang Alik Endeavour Berada di Badan Pesawat Modifikasi Boeing 747 | 20 September 2012

Citra satelit ini memperlihatkan pesawat Boeing 747 hasil modifikasi, mengangkut pesawat ulang-alik Endeavour di wilayah New Mexico, Amerika Serikat. Sesuatu yang luar biasa, karena kita dapat melihat bagaimana sebuah pesawat terbang mengangkut pesawat lainnya dalam view yang menakjubkan.

Rangkaian Gunung Vulkanik di Pegunungan Andes, Chili

Rangkaian Gunung Vulkanik di Pegunungan Andes | 02 April 2012

Bagaikan sebuah tampilan 3D hasil render yang sangat mengagumkan, maka itulah tampilan dari rangkaian gunung vulkanik Puntiagudo-Cordon Cenizos di Pegunungan Andes-Chili yang terekam oleh satelit DigitalGlobe.

Seni Pahatan di Inggris bagian Utara

Seni Pahatan di Inggris Utara | 06 September 2012

Seni pahatan dari batu serta bahan-bahan alam lainnya ini, dikerjakan pada kawasan yang dulunya merupakan kawasan tambang batu bara di bagian utara negara Inggris.  Hasil pahatan memperlihatkan seorang wanita (maaf) dalam keadaan telanjang yang banyak dikenal dengan nama “The Lady of the North”

Dari kelima citra satelit tersebut, saya pribadi memilih citra satelit rangkaian gunung vulkanik Puntiagudo-Cordon Cenizos di Pegunungan Andes-Chili sebagai citra satelit yang paling indah untuk dilihat.

Polling dan vote di sosial media untuk kontes ini telah resmi ditutup pada hari terakhir di tahun 2012 (31 Desember 2012), dimana untuk hasil polling pada akun resmi DigitalGlobe di Facebook memperlihatkan citra satelit Festival Burning Man di Nevada, Amerika Serikat mendapatkan vote sebanyak 227, disusul di posisi kedua Gunung Fuji dengan 179 vote, serta berturut-turut menempati posisi 3 sampai ke 5 yaitu Seni Pahatan di Inggris Utara (62), Rangkaian Gunung Vulkanik di Pegunungan Andes (56), dan yang terakhir Pesawat Ulang Alik Endeavour diatas badan Pesawat Boeing 747 hasil modifikasi dengan 26 vote. Namun dengan hasil ini, tidak serta merta menjadikan citra satelit tersebut menjadi pemenang kontes, karena harus menunggu perhitungan pada akun resmi DigitalGlobe di sosial media yang lain (G+, Twitter, dan Pinterest). Kita tunggu saja, citra satelit manakah yang menjadi 2012 – Top Satellite Image of the Year, yang rencananya akan diumumkan pada awal Januari 2013 ini.

Postingan Menarik Lainnya :

Citra Satelit ALOS

Metode Intensitas Curah Hujan

Plot Data Titik Koordinat di Global Mapper

Glowing in the Dark – Melihat Kenampakan Bumi di Malam Hari dari Citra Satelit

Membuat Tampilan 3D Data Vektor di Global Mapper

Warna Natural SPOT di Global Mapper

Crop Data Citra Satelit di ER Mapper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s