[Tutorial] Clipping dan Masking di ArcGIS

Data Olahan Citra Satelit WorldView-1 Warna Hitam-Putih (Pankromatik) Wilayah Waropen – Papua

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT BERBAGAI VENDOR DI MAP VISION. UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE : http://citrasatelit.wordpress.com

Postingan tutorial kali ini masih mengenai penggunaan tool Image Analysis di ArcGIS, dimana kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana melakukan clipping (pemotongan) serta masking (menyembunyikan) data raster di ArcGIS (tepatnya menggunakan ArcMap). Bagaimana caranya?, ikuti langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut :

1). Buka ArcMap (disini kami menggunakan ArcMap 10.1) :

Gambar 1. Buka ArcMap 10.1

2). Setelah kita berada pada jendela tampilan ArcMap, buka data raster yang hendak di clipping atau di masking di ArcMap :

Gambar 2. Add Data Tool

Caranya, klik tool Add Data pada bagian tool bar ArcMap (ditunjukkan oleh area yang dilingkari warna orange pada Gambar 2 di atas). Setelah itu akan muncul jendela tampilan untuk memilih data raster yang hendak ditampilkan di lembar kerja ArcMap, seperti diperlihatkan Gambar 3 di bawah ini :

Gambar 3. Memilih Data Raster

Pada bagian jendela tampilan Add Data, seleksi data raster yang hendak di clipping / masking dengan cara klik sekali (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 3 di atas), sesudah itu klik tombol Add untuk memasukkan data raster tersebut pada lembar kerja ArcMap (ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 3 di atas). Pada contoh kali ini, kami menggunakan data citra satelit WorldView-2 yang mempunyai format data ECW (.ecw).

Gambar 4. Clipping Area

Pada Gambar 4 di atas, kita akan melakukan pemotongan pada sebuah data raster, sehingga nantinya hanya area berwarna orange yang tersisa. Untuk itu zoom (perbesar) pada area yang hendak dipotong tersebut menggunakan tool Zoom In pada tool bar ArcMap (ditunjukkan oleh area berwarna orange pada Gambar 5), sehingga nantinya lembar kerja ArcMap hanya menampilkan area pada data raster yang hendak dipotong, seperti yang diperlihatkan Gambar 6 :

Gambar 5. Tool Zoom In

Gambar 6. Area Dari Data Raster Yang Hendak Dipotong

4). Selanjutnya kita akan memotong area dari data raster tersebut menggunakan salah satu fungsi dari tool Image Analysis.

Gambar 7. Image Analysis

Untuk memunculkan tool Image Analysis tersebut, kita klik pada bagian menu bar ArcMap : Windows | Image Analysis, seperti yang diperlihatkan Gambar 7 di atas. Setelah itu akan muncul jendela tampilan dari Image Analysis, seperti yang diperlihatkan Gambar 8 di bawah ini :

Gambar 8. Jendela Tampilan Tool Image Analysis

Setelah kita berada pada jendela tampilan tool Image Analysis, klik nama file dari data raster yang hendak dipotong untuk menyeleksi data raster tersebut (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 8 di atas), kemudian setelah itu pada bagian Processing, klik tool Clip untuk memotong data raster sesuai dengan yang ditampilkan di jendela kerja ArcMap (ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 8 di atas). Setelah kita klik tool Clip tersebut, maka hasilnya, data raster yang telah dipotong akan mempunyai file dengan nama Clip_(nama file data raster) serta file tersebut akan langsung membuat layer baru pada bagian Table Of Contents dan juga tool Image Analysis, seperti yang ditunjukkan Gambar 9 di bawah ini :

Gambar 9. File Hasil Potongan Data Raster

Untuk melihat apakah proses pemotongan sudah dilakukan dengan benar, lihat tampilan file hasil pemotongan di lembar kerja ArcMap, dengan sebelumnya kita menonaktifkan layer data raster yang masih utuh pada bagian Table Of Contents. Jika tampilan file sudah sesuai dengan area pemotongan maka proses clipping data raster sudah selesai dan sudah dilakukan dengan benar.

5). Pemotongan data raster dengan menggunakan tool Image Analysis, tidak hanya dapat dilakukan dengan melakukan pembesaran (zoom) terhadap area pemotongan, namun juga dapat dilakukan berdasarkan sebuah data vektor berbentuk sebuah area yang kita buat sendiri, seperti contoh berikut ini :

BACA JUGA :

1). [Tutorial] Menghilangkan Pyramids di ArcGIS

2). [Tutorial] Komposit Band Data Citra Satelit di ArcGIS

3).[Tutorial] Undelete di Global Mapper

4).Membuat Area Secara Otomatis di Global Mapper

5).Stacking Data Citra Satelit di PCI Geomatica

Gambar 10. Clipping Data Raster Menggunakan Data Vektor

Pada Gambar 10 di atas, sebagai contoh, kami membuat sebuah area sembarang menggunakan tool Draw, kemudian kami potong data raster sesuai dengan bentuk area tersebut dengan cara yang sama dengan sebelumnnya yaitu menggunakan fungsi Clip pada tool Image Analysis (jika terlupa, silahkan melihat kembali langkah-langkah yang telah diuraikan sebelumnya), namun pastikan ketika melakukan clipping tersebut, area yang kita buat tersebut sudah terseleksi. Dan, hasilnya adalah sebagai berikut :

Gambar 11. Bentuk Data Raster Hasil Clipping

Jangan lupa setelah melakukan clipping, kita hapus data vektor yang berbentuk area yang telah kita buat sebelumnya, sehingga nantinya data raster yang di clipping bisa terlihat di jendela kerja ArcMap.

6). Fungsi lain yang terdapat pada tool Image Analysis ini yaitu melakukan masking pada data raster. Masking sendiri berfungsi untuk menyembunyikan sebuah area pada data raster, dimana caranya sama dengan cara melakukan clipping yaitu dengan cara melakukan zoom (pembesaran) pada area yang hendak disembunyikan atau menggunakan sebuah data vektor yang berbentuk sebuah area, seperti terlihat pada Gambar 12 di bawah ini :

Gambar 12. Masking Data Raster (Klik Pada Gambar Untuk Melihat Gambar Dalam Ukuran Sebenarnya)

Sama halnya dengan cara melakukan clipping, pertama kita perbesar area yang akan disembunyikan (masking) menggunakan tool Zoom In (ditunjukkan angka 1 pada Gambar 12 di atas) sampai seluruh area yang akan disembunyikan tersebut terlihat pada jendela kerja ArcMap. Kemudian kita aktifkan tool Image Analysis dengan cara klik pada bagian menu bar : Windows | Image Analysis (ditunjukkan angka 2 dan angka 3 pada Gambar 12 di atas). Setelah muncul jendela tampilan Image Analysis, seleksi file data raster (ditunjukkan oleh angka 4 pada Gambar 12 di atas), kemudian klik tool Mask (ditunjukkan angka 5 pada Gambar 12 di atas) untuk memulai proses masking. Jika sudah selesai, maka hasilnya akan terlihat seperti Gambar 13 di bawah ini :

Gambar 13. Data Raster Hasil Masking (Klik Pada Gambar Untuk Melihat Gambar Dalam Ukuran Sebenarnya)

Data hasil masking akan mempunyai nama file Mask_(nama data raster awal), dan akan langsung berada pada layer teratas dari Layer Of Contents (ditunjukkan oleh area berwarna orange pada Gambar 13 di atas). Untuk melihat data hasil masking, nonaktifkan layer data raster awal yang berada di bawah layer data raster hasil masking, dan hasilnya dapat dilihat pada jendela kerja ArcMap.

Dengan cara yang sama juga dengan cara melakukan clipping data raster menggunakan data vektor dalam bentuk area, kita dapat melakukan masking sebuah area pada data raster menggunakan data vektor berbentuk area yang kita buat, seperti contoh pada Gambar 14 di bawah ini :

Gambar 14. Data Raster Hasil Masking Menggunakan Data Vektor Berbentuk Area

Gambar 14 di atas memperlihatkan data raster hasil masking menggunakan data vektor dalam bentuk area sembarang.

Sekian postingan kali ini, semoga tutorial sederhana ini dapat memberikan sedikit manfaat bagi kawan-kawan semua :D . Dan jika ada yang masih kurang paham mengenai tutorial ini, kawan-kawan dapat menanyakannya kepada kami melalui kolom komentar.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA :

1).Glowing in the Dark

2).Melihat Stadion Untuk Piala Dunia 2014 via Citra Satelit

3).Melihat Kerusakan Akibat Tornado via Citra Satelit

4).Melihat Bumi Berubah Menggunakan Citra Satelit 

5). Video 50 Tahun Perjalanan Industri Satelit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s