Peningkatan Pembatasan Resolusi Spasial

citra satelit, gambar satelit, gambar permukaan bumi, gambaran permukaan bumi, gambar objek dari atas, jual citra satelit, jual gambar satelit, jual citra quickbird, jual citra satelit quickbird, jual quickbird, jual worldview-1, jual citra worldview-1, jual citra satelit worldview-1, jual worldview-2, jual citra worldview-2, jual citra satelit worldview-2, jual geoeye-1, jual citra satelit geoeye-1, jual citra geoeye-1, jual ikonos, jual citra ikonos, jual citra satelit ikonos, jual alos, jual citra alos, jual citra satelit alos, jual alos prism, jual citra alos prism, jual citra satelit alos prism, jual alos avnir-2, jual citra alos avnir-2, jual citra satelit alos avnir-2, jual pleiades, jual citra satelit pleiades, jual citra pleiades, jual spot 6, jual citra spot 6, jual citra satelit spot 6, jual citra spot, jual spot, jual citra satelit spot, jual citra satelit astrium, order citra satelit, order data citra satelit, jual software pemetaan, jual aplikasi pemetaan, jual pci geomatica, jual pci geomatics, jual geomatica, jual software pci geomatica, jual software pci geomatica, jual global mapper, jual software global mapper, jual landsat, jual citra landsat, jual citra satelit landsat, order data landsat, order citra landsat, order citra satelit landsat, mapping data citra satelit, mapping citra, pemetaan, mengolah data citra satelit, olahan data citra satelit

Data Olahan Citra Satelit QuickBird Warna Natural Gunung Api Banda – Pulau Banda Neira Skala 1 : 2.500

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT DARI DIGITALGLOBE DI MAP VISION DENGAN HARGA YANG KOMPETITIF. UNTUK PEMESANAN DAN INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI DI NOMOR TELEPON : 0857 2016 4965 | E-MAIL : mapvisionindonesia@gmail.com

Jika tidak ada aral melintang, pada Bulan Agustus 2014 mendatang, rencananya DigitalGlobe selaku perusahaan komersial penyedia data citra satelit resolusi sangat tinggi, akan meluncurkan satelit terbarunya yaitu Satelit WorldView-3. Satelit WorldView-3 ini dirancang untuk menghasilkan data citra satelit pankromatik (hitam-putih) dengan resolusi spasial 31 cm (pada keadaan nadir) dan data citra satelit multispektral (berwarna) dengan resolusi spasial 124 cm (pada keadaan nadir), sehingga data citra satelit hasil fusi (penggabungan) menghasilkan data citra satelit multispektral dengan resolusi spasial 31 cm.

Pada awalnya sendiri, citra satelit yang dihasilkan oleh Satelit WorldView-3 ini harus di resampling menjadi 50 cm, berhubung terdapat peraturan di Amerika Serikat bahwa data citra satelit yang dijual untuk kepentingan umum dan komersial serta mempunyai resolusi spasial di atas 50 cm harus di resampling menjadi 50 cm. Namun pembatasan tersebut kini mendapat kelonggaran, seiring dengan dikabulkannya petisi yang diajukan oleh pihak DigitalGlobe kepada pihak Departemen Perdagangan Amerika Serikat dan juga NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), supaya menaikkan pembatasan terkait resolusi spasial dari data citra satelit yang dijual kepada khalayak umum.

BACA JUGA :

1). Citra Satelit dengan Resolusi 31 cm

2). Logo Baru DigitalGlobe

3). DigitalGlobe – 2013 Top Satellite Image of the Year

4). DigitalGlobe – 2012 Top Satellite Image of the Year

5). Happy Birthday for QuickBird & WorldView-2

Lalu alasan apa saja yang mendasari pihak DigitalGlobe mengenai kenapa harus terdapat peningkatan terhadap pembatasan resolusi spasial dari data citra satelit yang dijual kepada khalayak umum?, sedikit jawaban mengenai hal tersebut dapat dilihat pada video yang telah diunggah DigitalGlobe ke situs YouTube, yang berisi wawancara singkat (2 pertanyaan) terhadap Dr. Kumar Navulur selaku Direktur R&D DigitalGlobe, yang dapat dilihat di bawah ini :

Berikut ini isi dari video wawancara tersebut :

Tanya & Jawab 1

Tanya : Apa makna dari data citra satelit yang mempunyai resolusi spasial lebih tinggi bagi pihak customer serta end user?

Dr. Kumar Navulur : Pada prinsipnya, customer yang ingin menggunakan data citra satelit terbagi menjadi dua tipe. Tipe pertama yaitu customer yang ingin mengetahui keberadaan sebuah lokasi secara presisi, dan yang kedua yaitu customer yang ingin memonitor perubahan yang terjadi pada sebuah objek di sebuah lokasi dari waktu ke waktu. Dengan data citra satelit yang mempunyai resolusi spasial lebih tinggi, customer akan mengetahui lokasi secara lebih presisi lagi serta dapat secara lebih akurat meng-identifikasi objek yang terdapat pada sebuah lokasi.

Tanya & Jawab 2

Tanya : Apa makna data citra satelit yang mempunyai resolusi spasial lebih tinggi bagi industri (remote sensing)?

Dr. Kumar Navulur : Ide awal dan utama dari Pemerintah Amerika Serikat terhadap industri remote sensing global yaitu menjadikan perusahaan-perusahaan komersial Amerika Serikat yang bergerak di industri tersebut sukses secara global. Namun, jika tidak ada kelonggaran dari Pemerintah Amerika Serikat sendiri terkait dengan pembatasan tingkatan resolusi spasial yang dijual kepada khalayak umum, maka hal tersebut justru akan menghambat kesuksesan perusahaan-perusahaan komersial tersebut, dikarenakan akan dipastikan perusahaan-perusahaan komersial dari Amerika Serikat tersebut akan sulit bersaing dengan beberapa negara yang telah mempunyai satelit penghasil data citra satelit dengan resolusi spasial 30 cm, seperti contohnya yaitu satelit yang telah diluncurkan oleh India. Dan bahkan perusahaan-perusahaan komersial Amerika Serikat tersebut akan semakin tercecer jika rencana Pemerintah Jepang meluncurkan satelit yang menghasilkan data citra satelit dengan resolusi spasial lebih tinggi dari 30 cm telah terlaksana. Oleh karena itu, kelonggaran terhadap pembatasan tingkatan resolusi spasial sangat diperlukan, supaya perusahaan-perusahaan komersial dari Amerika Serikat dapat bersaing secara global dalam penyediaan data citra satelit dengan resolusi spasial lebih tinggi dari 50 cm.

Sekian postingan kali ini, semoga menambah wawasan kita semua mengenai industri remote sensing global yang terus bergerak dengan cepat, dan semoga saja suatu saat nanti ada perusahaan komersial dari Indonesia yang dapat bersaing secara global di industri hitech ini.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA :

1). Warna Natural SPOT di Global Mapper

2). Membuat Tampilan 3D Data Vektor di Global Mapper

3). Smoothing Data DEM

4). Membuat Area Secara Otomatis di Global Mapper

5). Plot Data Titik Koordinat di Global Mapper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s