Merdekalah yang Sebenarnya Negeriku

hut ri ke 70, merdeka, sammy not a slim boy

Dirgahayu Negeriku

Merdeka dalam bentuk jajahan fisik negara lain mungkin benar, tapi merdeka dalam aspek yang lain?, sebagain besar rakyat Indonesia belum merasakan hal tersebut, seperti cuitan dari Sammy Not A Slim Boy (komika) di akun twitter-nya yang kami setujui : “Lebih baik pakai istilah HUT RI 70 dibanding kemerdekaan .. Krn merdeka itu relatif. Sebagian besar kita gak merdeka”.

Masih banyak sekali rakyat Indonesia yang belum merdeka dari kebodohan akibat akses menuju pendidikan yang sulit dan mahal. Jangan bicara fasilitas pendidikan di pelosok-pelosok, di dekat pusat pemerintahan saja, masih banyak sekolah-sekolah ambruk yang dibiarkan begitu saja oleh pemerintah kita. Orang miskin pun makin bertambah saat ini, dengan berbagai hantaman kenaikan harga barang yang semakin menggila, membuat bukan lagi harus mengencangkan ikat pinggang, tapi mungkin banyak rakyat kita yang sudah kehilangan pinggangnya. Dan banyak aspek lainnya yang rakyat Indonesia belum merasakan arti sebenarnya dari kemerdekaan hingga saat ini.

Walau mungkin negeri ini belum sepenuhnya merdeka, tapi harapan harus terus dibumbungkan, optimisme harus terus dibuncahkan – karena di negeri ini lah kita lahir, tumbuh, dan mencari sesuap nasi, dan tentunya karena kita sangat mencintai negeri ini. Sambil terus menguatkan ikhtiar dan memperbanyak ibadah, kita berharap bahwa suatu saat nanti negeri ini akan sebenar-benarnya merdeka dan membawa kesejahteraan bagi rakyatnya.

– DIRGAHAYU NEGERIKU YANG KE-70 –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s