Citra Satelit Badai Pasir di Timur Tengah

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT BERBAGAI VENDOR BESERTA PENGOLAHAN DAN MAPPING DENGAN HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION.

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON : 0857 2016 4965 | E-MAIL : mapvisionindonesia@gmail.com

Jika di beberapa daerah di negara kita ini sedang dilanda musibah asap yang membuat jarak pandang terbatas, kemudian menimbulkan berbagai penyakit pernapasan serta banyak efek buruk lainnya, maka di beberapa negara di Timur Tengah juga saat ini sedang mengalami efek buruk tersebut, namun bukan oleh asap hasil kebakaran hutan dan lahan, akan tetapi oleh badai pasir besar yang melanda kawasan tersebut. Bahkan beberapa hari yang lalu, badai pasir ini membuat sebuah alat derek konstruksi (crane) ambruk dan menimpa ratusan jamaah haji yang sedang melaksanakan ibadah. Akibat musibah tersebut, ratusan jamaah haji terluka dan banyak yang sampai meninggal dunia, dimana 11 orang yang meninggal diantaranya (sampai dengan saat ini) merupakan jamaah haji asal Indonesia.

BACA JUGA :

1). Beijing – Tuan Rumah Olimpiade 2022

2). Citra Satelit Arena Olimpiade Musim Dingin

3). Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Ledakan di Tianjin

4). Melihat Bumi Berubah Menggunakan Citra Satelit

5). Melihat Tiongkok Membangun Pulau Dilihat dari Citra Satelit

Peristiwa badai pasir yang besar ini, tidak luput dari “jepretan” sensor Modis pada Satelit Aqua miliknya NASA. Pada tanggal 7 September 2015, Citra Satelit MODIS memperlihatkan badai pasir yang sebagian besarnya sedang berada di wilayah Suriah, dan sebagian kecilnya berada di wilayah Mafraq – Yordania, serta berada di Laut Mediterania yang termasuk ke dalam wilayah pesisir Turki.

citra satelit badai pasir, badai pasir, badai pasir di timur tengah, citra satelit badai pasir di timur tengah, citra satelit modis, satelit aqua, penyebab badai pasir, penyebab badai pasir di timur tengah, nasa

Gambar 1. Citra Satelit MODIS Tanggal Perekaman 7 September 2015
(Sumber Gambar : NASA Observatory)

Sehari kemudian (8 September 2015), badai pasir telah menyelimuti wilayah Palestina, Lebanon, Israel, Siprus, dan Yordania, seperti yang terlihat pada data Citra Satelit MODIS di bawah ini :

citra satelit badai pasir, badai pasir, badai pasir di timur tengah, citra satelit badai pasir di timur tengah, citra satelit modis, satelit aqua, penyebab badai pasir, penyebab badai pasir di timur tengah, nasa

Gambar 2. Citra Satelit MODIS Tanggal Perekaman 8 September 2015
(Sumber Gambar : NASA Observatory)

Pada tanggal 9 September 2015, badai pasir mulai bergerak ke arah barat daya dan menyebar sampai dengan ke wilayah Timur Laut negara Mesir serta Teluk Suez.

Sebuah studi yang dilakukan Paul Ginoux – pimpinan laboratorium Geophysical Fluid Dynamics NOAA, ditemukan bahwasanya 75 persen emisi debu (termasuk dari pasir) terjadi secara natural, sedangkan sisanya diakibatkan oleh aktivitas manusia. Untuk kejadian badai pasir yang terjadi di Timur Tengah berdasarkan studi Ginoux tersebut, khususnya yang terjadi di Suriah, sumbernya diperkirakan berasal dari aktivitas manusia. Lahan pertanian besar di wilayah timur laut Raqqa disinyalir sebagai sumber debu utama, disamping wilayah-wilayah yang tertutupi garam dan mineral lainnya yang berada di wilayah perbatasan antara Irak dan Suriah.

Aktivitas pertanian sendiri bisa dikaitkan dengan peristiwa badai pasir tersebut karena adanya aktivitas berupa menghilangkan tumbuhan yang menutupi tanah, menguras air-air yang ada di permukaan, serta aktivitas-aktivitas lainnya, yang membuat angin dengan mudah membawa partikel debu yang berada di lahan-lahan pertanian tersebut.

Sumber :
http://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=86571

 

POSTINGAN MENARIK LAINNYA :

1). [Tutorial] Komposit Band Data Citra Satelit di ArcGIS

2). [Tutorial] Clipping & Masking di ArcGIS

3). [Tutorial] Menghilangkan Pyramids di ArcGIS

4). [Tutorial] Membuat Legenda dengan Posisi Horizontal

5). Stacking Data Citra Satelit Secara Otomatis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s