SGP – Erupsi Gunung Sinabung

sgp, sarasehan geologi populer, lava, magma, kubah lava, aliran piroklastik, freatik, magmatik, sinabung, gunung sinabung, tanah karo, perkiraan gunung sinabung berhenti meletus

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Vendor DigitalGlobe Memperlihatkan Kenampakan Gunung Sinabung yang sedang Erupsi (Tanggal Perekaman 23 Januari 2014)
(Image Copyright : DigitalGlobe)

Gunung Sinabung mendadak jadi gunung yang terkenal dalam beberapa tahun belakangan ini. Terkenal bukan karena ukuran gunungnya lebih besar dari Duo Serigala, tapi karena letusannya yang seakan tiada akhir dan membuat warga sekitar menjadi pengungsi. Kira-kira kapan letusan gunung ini akan berakhir, menjadi pertanyaan kebanyakan orang saat ini, termasuk saya, dan para peserta SGP lainnya yang kesemuanya adalah manusia.

Ya, hari senin kemarin, tanggal 5 Oktober 2015, Badan Geologi kembali mengadakan SGP yang merupakan kependekan dari Sarasehan Geologi Populer. Acara ini sendiri dibuat Badan Geologi sebagai upaya untuk mengenalkan ilmu kebumian terutamanya ilmu Geologi kepada masyarakat umum – termasuk saya yang udah berstatus masyarakat umum karena nulis umum pada kolom Asal di daftar absen. Acara kemarin pun menjadi acara SGP pertama saya, walau sebenarnya udah lama tahu, namun baru kemarin saya bisa ngikutin acara ini. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis, dan yang lebih menariknya lagi pihak panitia nyedian kopi, cemilan, sama ngasih nasi bungkus di akhir acara. Bahkan kalau kita nanya sama bisa jawab kuis yang diadain pas akhir acara, kita bisa dapet buku yang diterbitin oleh Badan Geologi, seperti saya dan istri yang dapet buku karena bisa jawab kuis. Wow banget kan, udah mah dapet ilmu gratis dari ahlinya eh dapet makan sama minum juga plus buku gratis, apalagi kalau ditambah uang transportasinya – itu makin dahsyat, hehehe ….  ini mah ngelunjak.

sgp, sarasehan geologi populer, lava, magma, kubah lava, aliran piroklastik, freatik, magmatik, sinabung, gunung sinabung, tanah karo, perkiraan gunung sinabung berhenti meletus

Buku Gratis Hasil Jawab Kuis

BACA JUGA :

1). Metode Intensitas Curah Hujan

2). [Memilih] Metode Intensitas Curah Hujan

3). Perencanaan Saluran Drainase (Bagian 1)

4). Domba Garut I (Metodologi Penelitian)

5). Prediksi Pola Curah Hujan (1)

SGP hari senin kemarin berjudul Erupsi Gunung Sinabung yang dibawakan oleh Pak Akhmad Zaennudin yang merupakan ahli di bidang gunung api dan geokimia. Dan berikut sedikit rangkuman dari pemaparan Pak Akhmad menggunakan bahasa saya sendiri. Kalau terdapat kesalahan dalam penulisan atau pemahaman mengenai gunung api ini – saya mohon maaf serta kawan-kawan bisa melakukan koreksi terhadap kesalahan tersebut pada kolom komentar.

Oke, saya mulai ya.

Gunung Sinabung sebelumnya tidak setenar Gunung Merapi, Gunung Tangkubanparahu, ataupun gunung-gunung api terkenal lainnya yang ada di Indonesia. Sebelum meletus pertama kalinya pada tahun 2010 yang lalu, gunung setinggi 2460 m yang terletak di Tanah Karo – Sumut ini, lebih seneng tidur dibandingkan beraktivitas. Hampir 1000 tahun lamanya Gunung Sinabung tertidur pulas, dan melewati masa di mana Indonesia dijajah Belanda, merdeka, orde lama, orde baru, dan orde reformasi, dan baru terbangun ketika SBY sedang memimpin Indonesia untuk periode yang kedua. Kalaupun ada aktivitas yang tercatat dari Gunung Sinabung sebelum tahun 2010 – diketahui bahwa pada tahun 1912, Gunung Sinabung pernah melakukan aktivitas solfatara yaitu aktivitas mengeluarkan asap yang mengandung gas SO2. Ibaratnya pada tahun 1912 tersebut, Gunung Sinabung lagi ngigau pas tidur.

Tahun 2010 barulah Gunung Sinabung menarik perhatian banyak orang karena akhirnya gunung tersebut bangun dari tidurnya. Tepatnya pada tanggal 27 Agustus 2010, Gunung Sinabung meletus dengan jenis letusan freatik. Letusan freatik sendiri merupakan letusan yang dipicu oleh tekanan gas atau uap air yang berada di bawah permukaan, sehingga yang terlontar keluar dari Gunung Sinabung waktu itu yaitu berupa abu yang terlontar sampai dengan ketinggian 3000 meter. Letusan freatik ini kembali terjadi pada tanggal 28 Agustus 2010, 29 Agustus 2010, 3 September 2010, serta tanggal 7 September 2010. Setelah letusan pada tanggal 7 September 2010, Gunung Sinabung akhirnya tertidur kembali – mungkin karena sudah lelah beraktivitas.

sgp, sarasehan geologi populer, lava, magma, kubah lava, aliran piroklastik, freatik, magmatik, sinabung, gunung sinabung, tanah karo, perkiraan gunung sinabung berhenti meletus

Letusan Gunung Sinabung Tanggal 3 September 2010
(Sumber Foto : Presentasi Pak Akhmad Zaennudin – Eruption of Sinabung Volcano)

Selang tiga tahun kemudian, tepatnya tanggal 13 September 2013, Gunung Sinabung kembali terbangun dan hingga sampai saat ini masih tetap beraktivitas. Berbeda dengan letusan periode pertama, pada letusan periode kedua, jenis letusannya merupakan letusan magmatik. Jika pada letusan freatik pemicunya adalah tekanan gas atau uap air, pada letusan magmatik pemicunya adalah desakan fluida magma. Dampak letusan magmatik lebih berbahaya ketimbang letusan freatik, karena letusan jenis ini melontarkan material (lava) pijar, awan panas, dan sebagainya.

Pada tahun 2014, tepatnya tanggal 14 Januari 2014, mulai terjadi leleran lava dan juga aliran piroklastik yang bergerak menuju lereng gunung akibat hancurnya kubah lava, dan hal ini masih berlangsung sampai dengan sekarang.

Lava : magma yang mencapai permukaan bumi yang dapat berwujud cairan kental, dan jika sudah dingin dapat mengeras serta membatu. (SR Wittiri – Gunung Api Indonesia)

Kubah Lava : magma yang mencapai permukaan kemudian membeku dan membentuk tonjolan seperti kubah. (SR Wittiri – Gunung Api Indonesia)

Kubah lava yang sedang tumbuh cenderung tidak stabil. Selain karena masih terdesak oleh pasokan fluida magma, materialnya masih ringkih, antara membeku dan liquid yang menyebabkan mudah retak. Ketika volume kubah mencapai besaran tertentu dan batuan dasarnya tidak mampu menopangnya, maka akan runtuh. (SR Wittiri – Gunung Api Indonesia)

Aliran Piroklastik : salah satu hasil letusan gunung berapi yang bergerak dengan cepat dan terdiri dari gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan (diketahui sebagai tefra). Aliran ini dapat bergerak dari gunung berapi dengan kecepatan 700 km/jam. Gas dapat mencapai temperatur di atas 1000 derajat Celsius. (Wikipedia)

sgp, sarasehan geologi populer, lava, magma, kubah lava, aliran piroklastik, freatik, magmatik, sinabung, gunung sinabung, tanah karo, perkiraan gunung sinabung berhenti meletus

Aliran Piroklastik Akibat Runtuhnya Kubah Lava (1 Februari 2014)
(Sumber Foto : Presentasi Pak Akhmad Zaennudin – Eruption of Sinabung Volcano)

Awalnya aliran piroklastik bergerak menuju ke arah selatan dan juga tenggara, namun pada bulan lalu (September 2015) arah aliran menuju ke timur. Aliran piroklastik inilah yang membuat tatanan kehidupan masyarakat di Tanah Karo porak poranda, karena warga harus mengungsi dari rumahnya sendiri, serta tidak dapat melakukan aktivitas bertani seperti biasanya. Warga di sekitar Gunung Sinabung yang kebanyakan berprofesi sebagai petani sayuran harus merelakan lahan-lahan pertaniannya tidak bisa digarap karena sudah tertutup oleh abu vulkanik.

Lalu kembali ke pertanyaan di awal, kira-kira kapan Gunung Sinabung ini akan berhenti meletus ?, menurut Pak Akhmad sih mudah-mudahan dalam jangka waku 1.5 tahun ke depan gunung ini sudah benar-benar lelah beraktivitas. Perkiraan tersebut dilihat dari hasil penelitian dari bulan Maret 2014 sampai dengan April 2015, yang memperlihatkan adanya tren penurunan tingkat keluarnya lava dari Gunung Sinabung. Jika pada bulan Maret 2014 rata-rata volume lava yang keluar adalah 6 m3/detik, maka pada bulan April 2015 sudah menurun menjadi 0.6 m3/detik.

sgp, sarasehan geologi populer, lava, magma, kubah lava, aliran piroklastik, freatik, magmatik, sinabung, gunung sinabung, tanah karo, perkiraan gunung sinabung berhenti meletus

Model Leleran Lava yang Keluar
(Sumber Foto : Presentasi Pak Akhmad Zaennudin – Eruption of Sinabung Volcano)

Mudah-mudahan saja perkiraan dari Pak Ahmad itu benar, bahkan mudah-mudahan bisa lebih cepat lagi Gunung Sinabung berhenti beraktivitas, supaya saudara-saudara kita yang terkena dampak letusan gunung ini, dapat kembali ke rumahnya dan beraktivitas seperti biasanya.

Referensi :
Presentasi Pak Akhmad Zaennudin – Eruption of Sinabung Volcano
Mengenal Gunung Api Indonesia – SR. Wittiri

POSTINGAN MENARIK LAINNYA :

1). Citra Satelit Badai Pasir di Timur Tengah

2). Beijing – Tuan Rumah Olimpiade 2022

3). Citra Satelit Arena Olimpiade Musim Dingin

4). Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Ledakan di Tianjin

5). Melihat Bumi Berubah Menggunakan Citra Satelit

2 thoughts on “SGP – Erupsi Gunung Sinabung

  1. Mas, SGP di Badan Geologi itu dilaksanakan rutin ya ? Informasi jadwalx bisa didapatkan dimana ya ? atau mungkin mas tau jadwal rutinx kapan ?
    Terima kasih

    • Rutin tiap Senin, tapi senin kemarin tanggal 9 November 2015 merupakan edisi terakhir untuk tahun 2015.

      Untuk tahun 2016, mudah-mudahan tetap ada, nanti sama Badan Geologi diinformasikan kembali kalau diadakan lagi tahun depan.

      Untuk cek jadwal nantinya bisa gabung ke page-nya SGP di Facebook, search aja namanya SGP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s